Hai sobat pembaca yang berbahagia. Kali ini saya masih akan memberikan informasi kepada sobat semuanya mengenai tips yang berkaitan dengan ponsel. Dan yang akan saya bahas saat ini adalah tips untuk meningkatkan kecepatan kinerja smartphone Android. Informasi ini akan sangat bermanfaat bagi sobat sekalian, utamanya yang mempunyai ponsel Android. Sudah penasaran bagaimana tipsnya? Langsung saja simak pada ulasan berikut ini!

Tips Agar Smartphone Android Tetap Bekerja Secara Cepat

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

smartphone-android

Demam Android saat ini sedang melanda pasaran gadget dunia, termasuk Indonesia. Namun jika sudah mempunyai ponsel berbasis robot hijau tersebut, maka sobat perlu memastikan bahwa ponsel tersebut bekerja secara cepat dan ringan. Menjaga kecepatan kinerja android sangatlah perlu karena efeknya akan kembali pada penggunanya, yaitu sobat sekalian. Tips untuk meningkatkan kecepatan kinerja smartphone Android ini tidak mahal serta tidak sulit. Tipsnya antara lain:

  1. Uninstal Aplikasi. Sebenarnya ini sama dengan menjaga sistem kerja semua gadget karena Gadget apapun jika terlalu banyak memori yang digunakan maka kebebasan kinerjanya akan semakin berkurang. Jadi sobat perlu untuk menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting. Caranya masuk ke menu, kemudian pilih setting, pilih application, pilih manage application, lalu pilih aplikasi mana yang ingin dihapus. Bagi sobat yang suka mengunduh aplikasi baru sebaiknya perlu berpikir dua kali. Paling tidak pastikan bahwa aplikasi tersebut tidak akan menghabiskan memory space smartphone.
  2. Format Memory Card. Sobat sebaiknya mengalihkan data-data penting yang tersimpan dalam ponsel ke PC.
  3. Kosongkan Cache. Kecepatan kerja Android sobat akan sangat berkaitan dengan kapasitas RAM. Dan RAM ini sangat bergantung pula pada Cache. Cache sendiri merupakan log aktivitas aplikasi yang pernah anda operasikan. Cache ini jika terlalu penuh maka sebaiknya dihapus dengan cara masuk ke menu setting, pilih application, pilih manage Application Android, kemudian hapuslah Cache aplikasi yang diinginkan.
  4. Rooting. Rooting akan menghapus aplikasi bawaan tanpa menunggu persetujuan dari vendor, sehingga juga akan mempercepat refresh kerja Android sobat.
  5. Penggunaan Task Manager. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, sobat bisa memanajemen operasi ponsel Android.

Semoga informasi mengenai Tips Agar Smartphone Android Tetap Bekerja Cepat dan Optimal ini bermanfaat.