Kebanyakan dari Anda mungkin tidak pernah mengganti lokasi default penyimpanan software. Biasanya lokasi penyimpanan default terletak pada drive C:/Program Files/ . Namun yang perlu Anda perhatikan, seiring bertambahnya software yang Anda iinstall, maka windows akan menjadi lambat karena lokasi tersebut berada dalam satu drive (partisi) yang sama dengan tempat penginstalan Windows.

Cara Mengganti Lokasi Default Untuk Penginstallan Software

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Umumnya saat akan menginstall software, kita dapat memilih tempat penginstallan software secara manual, namun tentu akan memakan waktu jika Anda termasuk sering menginstall software dan harus melakukan hal yang sama secara berulang-ulang.

Nah kali ini penulis berikan cara untuk mengganti lokasi default untuk penginstallan software, sehingga saat Anda menginstall software tertentu Anda tidak perlu lagu mengganti lokasi pengintallan ke folder yang Anda mau. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Bukan jendel RUN (Windows+R)

2. Kemudian ketikkan regedit

3. Saat jendela Registry Editor terbuka, kemudian arahkan ke folder
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion

Cara Mengganti Lokasi Default Untuk Penginstallan Software

4. Setelah itu pada bagian sebelah kanan, cari value ProgramFilesDir. Terlihat lokasi default yaitu C:/Program Files/. Untuk menggantinya, dobel klik lalu ganti lokasi ke folder yang Anda inginkan

Cara Mengganti Lokasi Default Untuk Penginstallan Software

5. Apabila Anda menggunakan versi Windows yang 64 bit, maka akan terdapat value ProgramFilesDir (86). Silahkan Anda ganti ke folder yang Anda inginkan.

Nah, setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas, maka ketika Anda menginstall software baru di komputer Anda , tampa perlu Anda ubah, lokasi penginstallan akan berada pada folder yang sudah Anda pilih tadi. Misalnya di D:\Sofware.

Sebagai catatan, karena trik ini berhubungan dengan registry, maka lakukan dengan baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan saat mengedit value di registry editor.