Seperti yang kita tahu, kebanyakan orang akan menginstall OS Windows didalam hardisk partisi :yang sama dimana folder “My Document” juga terletak di dalam drive tersebut. Folder “My Document” ini biasanya menjadi folder yang berisi file-file penting kita, entah itu video , foto, music atau berkas-berkas kerja kita. Jika folder My Document terlau banyak memakan resource harddisk, akibatnya partisi tempat pengintall windows juga perlahan akan semakin sempit dan mengakibatkan sistem sering crash.

Mengganti Lokasi Penyimpanan “My Document”, untuk menghindari Crash Pada Komputer

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Hal ini sama halnya dengan menginstall banyak program didalam partisi yang sama dengan lokasi windows yang juga bisa membuat system sering crash. Untuk itu sangat dianjurkan agar partisi tempat pengintalan windows dipisah dari tempat Anda menginstall file-file Anda.

Nah, sebagai langkah awalnya, kali ini kita akan bahas cara memindah lokasi penyimpan folder “ My Document” ke drive lain. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik tombol Start , kemudian klik “Document” , lalu klik “Properties”

Mengganti Lokasi Penyimpanan “My Document”, untuk menghindari Crash Pada Komputer

2. Setalah itu akan muncul dialog “Documents properties” .

3. Disini terlihat lokasi penyimpanan “My Documents” masih default yaitu pada C:\Users\username

Mengganti Lokasi Penyimpanan “My Document”, untuk menghindari Crash Pada Komputer

4. Untuk mengganti lokasi penyimpanan “My Documents”,  misalnya ke D:\My Documents, maka pertama-tama Anda perlu membuat folder “My Documents” di drive D , lalu pada dialog “Documents properties” tadi, klik “include a folder”, dan pilih folder “My Documents” di drive D. Setelah itu klik “Inclulefolder”.

5. Nah setelah itu, pilih folder yang baru ditambahkan tadi, kemudian klik “Set save location”.

6. JIka sudah, klik “OK”

Nah,sekarang lokasi My Documents sudah pindah ke drive yang berbeda dari tempat penyimpanan Windows Anda. Setelah melakukan langkah-langkah diatas jangan lupa untuk merestar komputer untuk melihat hasilnya.

Selamat mencoba !