Baterai merupakan komponen utama pada setiap barang elektronik terutama yang bersifat portable termasuk juga smatphone. Banyaknya fitur maupun aplikasi yang ditawarkan tentu saja sangat menarik baik untuk kepentingan bisnis ataupun untuk bersosialisasi pada media sosial network.

Gadget Cepat Panas

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Tidak heran jika kebanyakan orang betah berlama-lama dengan smartphone mereka. Namun salah satu masalah yang paling sering ditemui pada smartphone adalah daya tahan baterai. Acapkali pemakaian yang berlebihan menyebabkan baterai smartphone menjadi cepat panas dan lama kelamaan membuat baterai ngedrop atau bahkan rusak total. Berikut merupakan tips untuk mengatasi baterai smartphone yang cepat panas:

1. Awasi Pengisian Baterai

Pengisian baterai yang terlalu lama bisa berdamapak negatif pada smartphone anda. Hal tersebut bisa mengakibatkan bateri cepat panas dan juga boros energi. Hindari pemakaian smartphone pada saat di charge, hal tersebut memperbesar kemungkinan baterai menjadi gembung.

2. Matikan Aplikasi yang tidak terpakai

Mematikan aplikasi yang tidak sedang dipakai maupun aplikasi yang berjalan di background misalnya seperti screen saver, GPS, Bluetooth, dll. Hal tersebut dapat membantu anda untuk menghemat baterai dan menghindari baterai cepat panas.

3. Matikan Wi-fi jika tidak diperlukan

Setiap smartphone sudah dilengkapi dengan Wi-fi. Adanya Wi-fi pada smartphone tentu saja sangat menguntungkan karena memungkinkan kita untuk berselancar didunia maya secara gratis. Namun tidak semua tempat memeliki area hotspot sehingga jika anda tidak sedang dalam jangkaun area hotspot akan lebih baik jika anda mematikan Wi-fi untuk lebih menghemat baterai.

WiFi untuk Gadget

4. Redupkan layar LED

Tingkat kecerahan juga turut berpengaruh, semakin cerah layar maka semakin besar juga energi baterai yang dipakai. Maka dari itu ada baiknya jika anda menyesuaikan tingkat kecerahan layar anda. Jika anda berada di tempat yang cukup terang maka redupkanlah layar LED anda. Selain untuk menghemat baterai dan menghindari baterai cepat panas, meredupkan layar LED juga baik untuk menjaga kesehatan mata.

5. Jangan Bermain Game Terlau Lama

Bermain game pada smartphone tentunya sangat seru dan menyenangkan. Banyaknya game yang bisa didownload dengan mudah semakin membuat orang menjadi betah berlama-lama untuk bermaian. Namun game yang terus berjalan apalagi game-game berkualitas HD membuat smartphone anda menajadi cepat panas. Batasi waktu bermain game dengan smartphone anda dan terlebih lagi jangan bermain game pada saat smatphone sedang di charge.

6. Ganti Koneksi 3G jadi 2G

Sejatinya koneksi 3G memang lebih cepat daripada koneksi 2G namun jika anda tidak sedang membutuhkan layanan internet maka akan lebih baik jika anada menggunakan koneksi 2G untuk mengurangi kemungkinan baterai cepat panas. Koneksi internet pada jaringan 2G sudah cukup untuk sekedar menikmati layanan media sosial seperti facebook, twitter, whatsapp, BBM, dll.

7. Penggunaan Nada Dering dan Tema

Hal yang sebaiknya dihindari agar baterai tidak cepat panas adalah jangan menggunakan mode getar dengan nada dering secara bersamaan. Gunakanlah salah satu mode saja dengan memilih mode sesuai dengan kebutuhan. Sebagi catatan, jika anda menggunakan mode nada dering, sebaiknya anda mengatur volume nada dering agar tidak terlalu keras, aturlah sewajarnya saja. Selain itu, gunakanlah tema dengan dengan warna yang minim dan hindari gambar bergerak di dalamnya. Akan lebih baik jika anda menggunakan tema asli yang dari smartphone anda.

Itulah beberapa tips yang cukup mudah dan bisa langsung anda terapkan pada smartphone anda untuk mengatasi maslah baterai yang cepat panas.