Tips & Trik »
Jul 22, 2014 – 08:29 | 832 views

Apakah Anda yakin perangkat Balckberry Anda selalu dalam keadaan sehat? Ditengah – tengah penggunaan Blackberry sebagai sebuah perangkat multi fungsi, kondisi kesehatan perangkat menjadi sebuah keharusan untuk Anda perhatikan. Terlebih bagi Anda yang selalu mengotak …

Read the full story »
Tips & Trik
Review
Komputer
Internet
Fun
Home » Internet, Tips & Trik

Tips Mengetahui Akun Facebook Palsu

Dipublikasikan oleh on Jun 18, 2013 – 21:21 One Comment | 15,229 views

Siapa yang tidak kenal dengan Facebook? Situs jejaring sosial ini memilik lebih dari 25 juta pengguna di dunia. Fiturnya yang memudahkan kita untuk saling berhubungan dengan orang lain, membuat situs ini diminati oleh banyak orang.

Account Facebook Palsu

Namun karena aksesnya yang mudah dan terbuka luas membuat Facebook disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Maraknya kasus penipuan dan penculikan lewat media sosial ini dengan menggunakan akun palsu membuat kita harus lebih mawas diri dan berhati–hati jika ingin berinteraksi dengan sesama pengguna. Berikut adalah beberapa tips mengetahui akun Facebook palsu.

1. Lihat Foto

Ya, cara paling mudah adalah dengan melihat foto. Lihat koleksi foto mereka. Pengguna akun Facebook yang asli biasanya memiliki beberapa foto dengan latar belakang yang sama. Misalnya foto ketika sedang wisata di Bali, atau ketika sedang melakukan kegiatan lain. Jika akun yang anda cek hanya memiliki foto yang sedikit dan berbeda – beda, maka anda patut curiga.

2. Jumlah Teman

Lihat berapa jumlah teman atau friendslist yang dimilikinya. Akun asli memiliki jumlah teman yang tidak sedikit. Jika hanya mempunyai teman lima atau sepuluh orang, kemungkinan besar itu adalah akun palsu atau fake account.

3. Tag

Cara yang berikutnya adalah dengan melihat apakah ada tag foto pada akun tersebut. Akun asli pasti memiliki beberapa tag foto bersama teman–temannya. Jika akun yang anda curigai tidak memiliki satu tag foto pun, maka bisa jadi itu adalah akun yang tidak nyata.

4. Wall to Wall

Lihat juga wall to wall pada timeline mereka. Akun asli pasti memiliki aktifitas yang tidak sedikit. Dengan melihat aktifitas wall to wall mereka, anda bisa memastikan apakah akun tersebut palsu atau tidak. Misalnya temannya menulis di wall “kenpa lo kemaren nggak masuk kul?” atau “besok nge Mall bareng lagi yuuk???” maka akun ini adalah akun asli, karena melakukan interaksi dengan teman dekatnya.

5. Status dan Komentar

Cek pada komentar di status mereka. Contoh seperti ini:
- (Status A) Hari ini panas banget yah?
- (Komentar B) Ih, cantik banget…
- (Komentar C) Imutnya…
- (Komentar D) Cakep banget sih, anak mana?

Biasanya, akun asli tidak akan membalas komentar – komentar spam seperti itu. Namun jika akun yang anda curigai merespons, maka kemungkinan besar itu adalah akun palsu yang sedang mencari mangsa. Atau mungkin juga tante – tante kesepian yang memasang foto palsu dan ingin ditemani. Berbahaya bukan?

6. Foto Profile

Jika akun tersebut memasang foto cewek yang aduhai bak bidadari turun dari khayangan, anda patut curiga. Foto di album juga anda perlu untuk melakukan pengecekan. Akun yang sering gonta – ganti profpic juga kemungkinan adalah akun palsu.

7. Foto Bersama

Foto bersama di sini adalah foto dengan keluarga, atau teman–temannya. Jika akun yang anda selidiki tidak memiliki foto seperti ini, anda patut curiga. Tidak ada akun asli yang tidak meng-upload foto bersama teman – temannya. Misalnya foto mereka ketika sedang liburan. Apalagi jika akun itu adalah akun cewek.

Memang tips di atas tidak seratus persen akurat. Namun dengan membaca tips-tips di atas, anda dimaksudkan untuk lebih berhati – hati dan selektif dalam memilih teman di dunia maya. Apalagi pada jaman informasi bebas seperti ini. Jangan sampai anda menyesal hanya karena teman fiktif anda di Facebook.

Tags: ,

Related Content with Tips Mengetahui Akun Facebook Palsu

One Comment »

Leave a comment!

yhs-fullyhosted_003 The Game s07 direct download link www xhot in yhs-default Sik wap lenovo a3161 xhot in Sikwep The Game s07 episode