Kamera digital merupakan salah satu gadget yang digunakan untuk mengambil gambar baik berupa foto maupun video. Pada saat ini, kamera digital sudah terjual dan tersedia hamper di semua pasaran. Masyarakat dapat mendapatkan kamera hamper di semua took elektronik dan berbagai pasar swalayan.

Merawat Camera dengan Baik dan Benar

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Pada era seperti sekarang ini, kamera digital memang bukan lagi barang mewah namun masyarakat masih banyak yang belum bisa memakai kamera digital ini dengan baik dan benar. Selain itu, masyarakat juga masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara merawat kamera digital yang baik sehingga kamera bisa tetap awet dan berfungsi tahan lama. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa tips bagaimana cara merawat kamera digital yang baik dan benar.

Pembersihan Kamera Yang Rutin

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenai keberssihan kamera digital itu sendiri. Lakukanlah pembersihan yang rutin mungkin bisa seminggu atau dua minggu sekali dan juga setiap habis digunakan. Gunakan lap atau kain kering yang khusus untuk kamera untuk bagian luar, sedangkan bagian dalam gunakan blower untuk membersihkan debu dan kotoran.

Perhatikan Tempat Penyimpanan

Tempat penyimpanan kamera adalah hal penting lainnya yang harus diperhatikan. Simpanlah di tempat yang tertutup yang meminimalisasi masuknya debu ke kamera. Namun perhatikan juga untuk tidak menaruh kamera dalam tempat seperti lemari baju untuk menghindari jamur yang bisa menempel pada lensa kamera digital anda. Selain itu, kapur barus atau kamper juga ternyata tidak baik jika diletakkan dengan kamera anda. Kapur barus yang menguap dapat merusak chip- chip yang berada dalam kamera digital.

Hindarkan Dari Air

Untuk kamera yang tidak anti air, usahakan untuk sebisa mungkin menghindarkan kamera dari air, terutama air laut. Air laut sangat mudah menyebabkan karat pada kamera. Segera bersihkan kamera anda jika terkena air dengan kain yang kering atau dengan peniup angin yang didesain khusus untuk kamera digital.

Perawatan Lensa

Lensa menjadi salah satu perangkat yang harus diperhatikan perawatannya. Lensa sebaiknya jangan terlalu sering dibersihkan, bersihkanlah seperlunya saja. Gunakan kain yang memang khusus untuk lensa, jangan gunakan tissue atau kain kaos sembarangan. Berilah pelindung pada lensa baik untuk bagian depan maupun bagian belakang. Untuk bagian depan pasanglah filter ultra violet dan bodycup untuk bagian belakang. Perhatikan, jangan sampai terdapat goresan pada bagian lensa kamera anda.

Hindarkan dari Sinar Matahari Langsung

Hal selanjutnya adalah meminimalkan kontak sinar matahari langsing dengan kamera anda. Beberapa tipe kamera ada yang sensitive dengan sinar matahari langsung. Sinar matahari juga dapat merusak beberapa bagian kamera yang etrbuat dari plastic dan komponen elektronik lainnya. Sebaiknya gunakan filter yang sesuai dengan kamera anda.

Camera Digital

Beberapa tips lain tentang cara merawat camera dengan baik dan benar yang bisa anda pelajari yaitu:

  1. Ketika anda akan menggunakan kamera digital anda sebaiknya anda bersihkan dulu tangan anda. Hal ini untuk menghindari kotorang yang ada dalam tangan menempel langsung pada kamera anda.
  2. Untuk menjaga keawetan baterai dan kamera pada umumnya, sebaiknya anda mematikan kamera anda secara manual dan meminimalisasi mematikan kamera secara otomatis.
  3. Jika anda dalam keadaan bepergian, gunakanlah tas khusus untuk kamera digital. Hal ini untuk menjaga kamera dari goncangan dan benturan.
  4. Jangan lupa untuk melakukan servis yang berkala yang meliputi semua perangkat luar dan dalam kamera.

Demikian beberapa tips dalam menjaga dan merawat kamera digital. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke blog ini.