Harddisk merupakan salah satu piranti penyimpanan yang terdapat pada computer atau laptop anda. Harddisk itu sendiri terdiri dari dua macam yaitu harddisk internal dan harddisk external. Harddisk internal adalah perangkat yang sudah melekat dan sudah merupakan bagian dari computer atau leptop anda. Sedangkan harddisk external adalah perangkat yang lebih flexsible seperti flashdisk dan umumnya memiliki daya tampung yang lebih besar.

Merawat Hardisk Eksternal Agar Tidak Rusak

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Harddisk external ini umumnya berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, yaitu apabila daya tampung dari harddisk internal suatu computer sudah tidak mencukupi lagi. Di era modern seperti ini, kegunaan harddisk dinilai cukup penting. Harddisk di pasaran sekarang sudah ada yang memiliki daya tamping hingga satu terabyte (TB) atau setara dengan 1000 GB. Apalagi sifatnya yang fleksible dan sangat mobile, harddisk kini sudah menjadi barang wajib bagi penyimpan banyak data.

Namun karena fleksibilitasnya itulah harddisk external menjadi barang yang rawan akan kerusakan. Ingat, kerusakan pada harddisk bisa mengakibatkan hilangnya data data anda. Untuk itulah, berikut ada beberapa tips tentang bagaimana menjaga dan merawat harddisk external anda agar berumur lebih lama.

1) Pilihlah selalu opsi “Safe remove hardware”

Opsi manual ini sangatlah penting bagi harddisk anda. Jangan pernah anda mencabut USB pada harddisk anda yang sedang tercancap pada computer anda secara tiba tiba dan terkesan asal asalan. Kebanyakan orang berpikir jika langkah tersebut tidak penting dan tidak akan menimbulkan masalah pada perangkat apapun. Pencabutan secara asal akan menyebabkan pemutusan daya secara tiba tiba yang bisa membuat master boot record anda akan rusak dan perlu untuk format ulang.

2) Jangan sampai terkena cairan

Hal yang tidak boleh dilakuakan adalah jangan sampai harddisk anda terkena air atau cairan apapun. Memang hal ini terdengar sepele. Namun tidak jarang kita jumpai harddisk yang terkena air karena atap yang bocor atau terkena cipratan air minum anda. Seperti yang kita tahu, cairan sangat bertentangn dengan segala benda elektronik.

3) Jangan sampai terbanting

Larangan selanjutnya adalah jangan sampai harddisk external anda terbanting ata terbentur baik pelan apalagi keras. Minimalkan beragam bentuk gesekan dari benda keras lainnya. Sperti kita tahu, harddisk memiliki komponen komponen kecil yang rentan terhadap gesekan ataupun guncangan. Untuk mengakalinya anda bisa menggunakan tas khusus untuk harddisk external anda. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan pakai tas tersebut apabila harddisk sedang dalam penggunaan. Hal ini dilakukan agar panas yang keluar dari harddisk anda dapat keluar sempurna.

4) Jauhkan dari medan magnet

Medan magnet akan menarik apapun benda yang terbuat dari besi atau logam di dalamnya. Untuk itu, jauhkan harddisk anda dari magnet ini karena dikhawatirkan medan magnet ini akan menarik beberapa komponen dalam harddisk external anda secara paksa. Apalagi beberapa komponen harddisk ada yang bersifat magnetic juga.

5) Pakai kabel USB yang sesuai

Selain menggunakan kabel USB yang sesuai diharapkan juga anda menggunakan kabel USB Y dengan kepala dua. Hal ini dimaksudkan agar harddisk anda mendapatkan pasokan dan aliran listrik yang baik.

Demikianlah beberapa tips agar hard disk external anda bisa awet. Ingat, semua barang elektronik memiliki umur pakai sendiri. Perawatan yang baik dan benar akan membuat umur dari barang elektronik tersebut bertahan lebih lama. Terima kasih dan semoga bermanfaat.