Mungkin sebagian dari Anda baru akan menjumpai tablet canggih Windows 8 yang punya kemampuan tahan banting dan Review Panasonic Toughpad FZ-G1tahan air kali ini. Namun memang ini yang pertama ada, setidaknya untuk di pasar gadget tanah air. Panasonic Toughpad FZ-G1 adalah nama tablet ini, tablet yang cukup tebal bahkan nampak lebih tebal dari laptop standar saat ini.

Beberapa waktu lalu kita dibuai oleh kehebatan beberapa smartphone canggih yang memiliki kemampuan tahan air dan debu, antara lain Samsung XCover, Sony Xperia Z, Samsung Galaxy SIII Mini, dan Panasonic Eluga P. Kini gadget tahan air dan tahan banting juga hadir dari kategori tablet, dan dari Panasonic. Ini sepertinya menjadi seperti usaha pembuktian bahwa Panasonic ternyata bertapa untuk menghasilkan produk IT kualitas tinggi.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Sebagai tablet yang muncul di waktu gerahnya para pecinta gadget tahan air dan debu, Panasonic Toughpad FZ-G1 berani muncul dengan spesifikasi gadget kelas atas. Tablet elegan ini sudah resmi masuk ke pasar Indonesia pada akhir Mei lalu, jadi memang masih sangat panas. Lalu apakah ini tablet pertama yang tahan air dan tahan banting? Tidak, Panasonic Toughpad FZ-G1 sebenarnya bukanlah tablet berkemampuan anti air dan tahan banting pertama di dunia, karena di Eropa Amerika sudah ada beberapa tablet dengan kemampuan serupa, hanya saja produk-produk tersebut tidak masuk ke Indonesia, salah satunya adalah Algiz 10X, tablet dari vendor asli Swedia.

Review Panasonic Toughpad FZ-G1
Tablet Windows 8 ini bukan untuk kelas low budget, gadget satu ini sengaja menyasar segmen industri atau menengah keSpesifikasi Panasonic Toughpad FZ-G1 atas, atau para pengusaha yang aktif. Desainnya sangat premium. Bentuk mantap, layar 10.1 inci, layar IPS mantap ten-point multi touch, USB 3.0, sangat support kualitas HD, dll. yang sangat utama dari tablet besar ini adalah kemampuan tahan air dan tahan debu bahkan dalam kondisi ekstrem sekalipun, yaitu di lingkungan yang sangat dingin hingga di kedalaman air hingga 120 senti. Wow!

Dipersenjatai dengan prosesor Inter Core i5, batere tahan hingga 8-9 jam, dan sistem operasi Windows 8 Pro 64 bit. Untuk lebih nyaman dilihat, berikut data singkat fitur utamanya:

Spesifikasi Panasonic Toughpad FZ-G1
Hardware And Software: Genuine Windows 8 Pro 64-bit (with Windows 7 downgrade option) – Third-generation Intel® Core™ i5vPro™ Processor
Durability: MIL-STD-810G, 4-foot drop and all-weather IP65 dust and water resistant design
Display: 10.1-inch, HD daylight-readable, ten-point multi touch + digitizer The thinnest and lightest fully-rugged, 10.1–inch, Windows 8 tablet.
Interface And Expansion: USB 3.0 + HDMI ports; optional dedicated GPS; Serial, Ethernet, MicroSD or second USB port
Wireless: Wi-Fi, Bluetooth® and optional 4G LTE or 3G Gobi™

Harga Panasonic Toughpad FZ-G1diberitakan berkisar antara Rp 7 jutaan.