Cara Uninstal Aplikasi Android yang Sudah Tidak Dibutuhkan SekaligusSalah satu alasan mengapa gadget Android disukai sejak awal rilis hingga sekarang memiliki banyak pengguna adalah karena sistem operasi ini mendukung berbagai macam aplikasi untuk hidup di dalamnya. Sehingga banyak orang yang suka menggunakan banyak aplikasi, memilih perangkat Android untuk memuaskan kebutuhan mereka. Sayangnya, saking senangnya, banyak aplikasi tidak berguna yang juga diinstal. Akhirnya sampah menumpuk, dan anda harus membuangnya. Dan tentunya anda tidak bersedia membuangnya satu persatu, maka harus ada cara untuk menguninstal aplikasi yang tidak digunakan tersebut secara massal.

Uninstal program sekaligus ini bisa dengan me-root terlebih dahulu perangkat Android Anda. banyak keuntungan me-root gadget Android, antara lain bisa mengatur banyaknya aplikasi, melakukan Overclocking Processor agar kinerja lebih cepat, backup aplikasi dan sistem lebih cepat, mengatur memori, dll. namun juga ada kerugian melakuka root pada gadget Android Anda, mulai dari garansi resmi hilang total karena Anda mengotak-atik file sistem, hingga rentan terhadap beberapa macam virus dan malware.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Nah, bicara tentang keamanan gadget Android Anda, maka proses uninstal aplikasi secara massal bisa dilakukan dengan melakukan root maupun tanpa melakukan root, jika Anda khawatir. Ikuti tips berikut ini yang bisa Anda pilih sesuai keyakinan Anda.

Uninstal banyak aplikasi Android dengan me-root perangkat Android

1.    Root perangkat Android anda
2.   Instal Titanium Backup pada perangkat Android Anda (tidak harus menggunakan versi berbayar karena Titanium Backup versi gratis pun bisa melakukannya dengan sempurna)
3.    Buka Menu –> General –> Batch action –> Uninstal –> Run
4.   Anda akan melihat semua aplikasi anda. Pilih: Select All atau Deselect All atau Invertselection. Uncheck aplikasi yang ingin anda uninstal.
5.    Setelah selesai memilih, tekan ikon tanda centang di bagian kanan atas untuk melakukan proses uninstal.
Sampai sini, Titanium Backup akan memulai proses uninstal aplikasi yang anda pilih semuanya tadi.

Unintal banyak aplikasi sekaligus tanpa me-root perangkat Android:

1.  Instal aplikasi Easy Uninstaller pada perangkat Android Anda (ini akan mempercepat proses tanpa Anda perlu mengakses root seperti cara di atas, karena tidak semua perangkat Android aman dikenai root dan kemudian dilakukan uninstal aplikasi)
2.  Muncul semua aplikasi anda dari file ukuran terbesar hingga terkecil, pilih yang ingin Anda uninstal, klik Batch Uninstall, tekan OK untuk setiap aplikasi yang ingin diuninstal

Nah, jadi menguninstal aplikasi di Android secara massal bisa melalui salah satu dari dua cara di atas, sekalipun sebenarnya masih ada cara-cara lain lagi, namun rata-rata lebih rumit daripada cara mudah diatas. Jika Anda yakin perangkat Android Anda aman untuk root, Anda bisa pilih cara yang pertama. Jika Anda merasa perangkat Android Anda akan tidak aman jika di-root, lebih baik pilih cara kedua.