Pernahkah Anda mendapat kiriman file melalui email yang anda tidak tahu tipe file nya? Kemudian Anda meragukan file bagaimana cara mengetahui unknown file typestersebut, khawatir berbahaya di komputer, laptop, maupun tablet Anda, karena Anda tidak mengetahui tipe file tersebut sehingga tidak tahu cara membukanya. Atau paling sering mungkin saat menginstal software atau games tertentu, mungkin Anda dituntun untuk menginstal Unknown File Types, dan anda takut itu berbahaya, namun jika tidak diinstal Anda juga khawatir instalasi software tidak sempurna. Nah, bingung? Lalu bagaimana dong, sebaiknya?

Kita memang harus memahami Unknow File Types yang kita temui, untuk keamanan komputer dan untuk membenahi program-program yang ada di komputer kita. Cara mudahnya, ikuti tips untuk mengamankan komputer dari Unknown File Types berikut ini.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

1.    Tanyakan ke Google. Google tahu segalanya. Setidaknya ini cukup membuat anda nyaman untuk bertanya atau mendapati kasus yang sama yang telah lebih dulu didiskusikan oleh orang lain. Pastinya Google akan merekomendasikan apa yang harus anda kunjungi sebagai tempat tersedianya jawaban untuk pertanyaan anda
2.    Wolfram Alpha (www.wolframalpha.com). Kunjungi situs ini dan anda bisa cepat bebas masalah. Wolfram Alpha berfungsi memberikan informasi atau mengidentifikasi file misterius. Masukka ekstensi file (format file) ke dalam kolom Search disitus ini, tekan Enter untuk mencarinya. Hasil pencarian di website ini memang tidak banyak, masih sangat terbatas, namun setidaknya anda akan mendapatkan informasi serupa atau yang sangat mendekati.
3.    Filext (www.filext.com). Website ini paling sering muncul jika anda bertanya di Google tentang keperluan terkait. Ini adalah perpustakaan berbagai macam tipe file hingga sekitar 1,526 ekstensi, dengan total database lebih dari 26,000, didaftarkan oleh orang-orang sebanyak 51,537 dan rekaman database tipe program MIME sebanyak 16,344.
4.    Filesuffix (www.filesuffix.com). Data yang dia sediakan hampir semua berasal dari para pengguna, sebanyak ribuan ekstensi. Hal ini sebenarnya dikhawatirkan ada pengguna yang memasukkan data yang salah. Namun setidaknya website ini merekomendasikan anda untuk mendownload software tertentu untuk membantu mengidentifikasi file anda.
5.    File Info (www.fileinfo.com). Website ini lebih baik daripada semua website di atas karena selain menyediakan informasi tips mengamankan komputer dari unknown file typeyang sangat lengkap website ini juga menyediakan plugin untuk Chrome dan Mozilla , dan File Extension Lookup Desktop Gadget untuk Mac untuk mendeteksi file misterius di perangkat anda.

Setelah tahu cara-cara mudah ini, apakah Anda sudah bisa lebih percaya diri saat meng “ok” kan Unknown File Type yang jendelanya muncul saat Anda menginstal suatu aplikasi? Seharusnya Anda menjadi lebih yakin. Jangan khawatir, sudah banyak kok, yang menggunakan website-website pengecekan ekstensi file di atas. Toh, jikapun sedikit bermasalah kemudian, trial and error adalah pengalaman terbaik. Hee..