Mengapa anda harus memiliki Power Bank?
Semakin canggih gadget semakin boros baterainya, karena kebutuhan untuk me-load fitur-fitur. Di tengah-tengah cara memilih power bankpemakaian atau perjalanan, baterai gadget habis, ah nggak asyik! Ini memusingkan karena mengganggu aktivitas. Apalagi bagi para adventure travelers atau siapapun yang suka membawa smartphone atau tablet anda jauh di aktivitas luar ruangan, di tengah belantara hutan atau lembah dimana Anda butuh mengabadikan momen indah, baterai habis, wahh! Nah, makanya Anda pastinya butuh portable charger. Ini bukan promosi, hanya tidak bisa menyangkal bahwa ternyata kita sangat butuh Power Bank.

Sayangnya, cukup banyak pembeli merasa rugi dengan portable charger yang sudah dibeli, power bank yang dibeli ternyata tidak cocok dengan baterai gadget yang dimiliki, ada juga yang dalam waktu cepat rusak. Uang anda pun terbuang sia-sia. Lalu, bagaimana memilih powerbank yang baik agar anda tidak rugi?

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

1.  Pahami gadget anda dan kapasitas Power Bank.
Ini yang paling penting, anda harus mengetahui dengan pasti kapasitas baterai gadget anda. jangan sampai anda membeli powerbank yang memiliki daya lebih kecil dari daya baterai gadget anda. Sebagai contoh, iPhone 4S menggunakan baterai dengan daya 1.432 mAh, untuk dapat mengisi baterai iPhone 4S sampai penuh membutuhkan power bank dengan daya minimal 1.432 mAh. Apabila ingin dua kali charge, minimal harus menggunakan powerbank dengan daya minimal 2.864 mAh. sJika anda sering bepergian, disarankan menggunakan power bank dengan kapasitas daya tinggi, misal 5600 mAh.

2.  Perhatikan fitur Power Bank.

•    Beberapa pengguna mungkin menganggap bahwa Power Bank hanya sebagai sarana pengisian baterai semata, padahal beberapa Power Bank memiliki fitur yang berkaitan dengan gadget Anda. Oleh karena itu pilihlah Power Bank yang memiliki fitur:
•    Pelrindungan dari arus pendek. Seperti yang kita ketahui kebakaran kerap kali terjadi akibat arus pendek. Pilih power bank yang memiliki fitur memutus listrik ketika arus pendek terjadi.
•    Perlindungan dari overcharge. Kita butuh Power Bank yang bisa otomatis akan memutus aliran listrik ketika pengisian baterai sudah penuh, karena overcharge tentunya akan memperpendek umur baterai baik baterai power bank atau baterai gadget.
•    Perlindungan dari temperatur tinggi. Ini untuk mendeteksi ketika temperatur power bank terlalu tinggi saat melakukan pengisian daya.

3.  Perhatikan Sel Baterai dari Power Bank. Pastikan baterai pada Power Bank asli, bukan refurbish.
Kelengkapan. Power Bank harus memiliki kabel A/C, kabel konektor, lampu indikator dan kelengkapan lain yang menunjang kinerja power bank yang Anda beli.

Harga. Sedikit mahal lebih baik daripada Anda tertipu. Hari ini banyak sekali Power Bank murah, namun terbukti cepat rusak atau butuh ganti baterai.