Beberapa hari lalu media cetak dan online ramai mengabarkan tentang akan adanya fitur BBM-an (BlackBerry Messenger) di HP, smartphone, dan tablet selain BB, yaitu yang berOS Android dan iOs. Pengumuman bahwa layanan perpesanan BlackBerry Messenger juga akan hadir di Android dan iPhone dalam waktu dekat ini disampaikan sendiri oleh Thorsten Heins, CEO BlackBerry,  dalam acara BlackBerry Live di Orlando, AS, selasa lalu (14 Mei). BBM sebentar lagi akan mendukung iPhone yang menjalankan iOS 6 dan Android yang menjalankan Jelly Bean atau versi diatasnya.

alasan mengapa bbm hadir untuk android dan ios

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Kabarnya, awal peluncuran ini nanti, BBM di Android dan iPhone hanya akan mendukung fitur perpesanan dan grup saja, namun perusahaan BlackBerry berencana menambah fitur seperti BBM Voice, BBM Screen Share, BBM Video dan Channels seiring berjalannya waktu, hingga akhirnya fitur BlackBerry benar-benar lengkap pada Android da iOs. Berdasarkan apa yang disampaikan laman Ubergizmo, BBM untuk Android dan iOs ini akan dirilis pada Juni 2013 nanti.
Mengapa BlackBerry Messenger (BBM) sebagai fitur utama di ponsel besutan RIM ini malah di’ada’kan untuk HP ber-OS pesaing? Gratis lagi?

Banyak pihak penasaran, terutama kita semua yang berada di luar Amerika. Setelah ditelusuri, ternyata gratisnya layanan BBM di Android dan iPhone ternyata dipengaruhi kehadiran fitur BBM Channel. BlackBerry tahu sekali bahwa dia tidak akan mendapatkan pendapatan dari layanan BBM pada dua platform pesaingnya itu. Namun tentunya tidak ada niatan BlackBerry membuat dirinya bangkrut, pasti ada alasan yang menguntungkan mereka. Ternyata, mereka ingin membuat keuntungan lain dengan menargetkan sejumlah brand di BBM Channel.

Apa itu BBM Channel?
BBM Channel adalah fitur kemarin sore, artinya ini belum lama hadir. Ini adalah sarana komunikasi sosial antara pengguna dengan para pengikut atau temannya yang juga dapat digunakan sebagai sarana penghubung antara brand, sejumlah perusahaan, komunitas, bahkan para selebritis dengan pihak lainnya. Dan dikabarkan BBM Channel telah memiliki beberapa ribu pelanggan. Wah!
Jika kita amati, BBM Channel, yang merupakan ekstensi dari BBM, memungkinkan BlackBerry untuk mendapatkan aliran tambahan pendapatan dari sejumlah fiturnya. BBM Channel disebut memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki BBM Music.

Analisa
Kaitan antara:
1.    CEO BlackBerry pernah menyatakan tetap akan memprioritaskan BBM pada seri Z10 nya
2.    BlackBerry akan melengkapi fitur BBM di Android dan iOs
3.    BlackBerry sedang ‘berjualan’ di BBM Channel dan terbukti laris padahal baru beberapa hari

Maka
Kemungkinan besar, fitur BBM pada Android dan iOs adalah akan mengarah pada ‘paid subscribe’ alias langganan berbayar bagi yang ingin menggunakan fitur ini pada gadget berOS Android dan iOs.
Bukankah ini cara yang cerdas? Jadi, apakah BlackBerry di ambang kehancuran? Tentu tidak, kecuali dunia akan dikejutkan dengan pesaing baru yang lebih hebat!