spesifikasi dan harga oppo find pianoReview Oppo Find Piano R8113
Ini adalah smartphone mid-end yang menyusul kesuksesan Oppo Find 5 yang telah lebih dulu dirilis beberapa bulan lalu. Oppo Find Piano ini dirilis bersamaan dengan Oppo Find Way. Kedua ponsel pintar ini sama-sama menyasar kelas menengah ke bawah. Untuk kali ini, kita bahas Oppo Find Piano R8113 terlebih dahulu.

Media lokal ramai membicarakan smartphone bagus dari vendor yang baru saja memasuki pasar ponsel dunia ini. Padahal, smartphone ini belum ramai dibicarakan di media Barat. Coba Anda cek di laman GSM Arena, disana bahkan smartphone ini belum disinggung sedikitpun. Mengapa? Ini masih kurang jelas, yang jelas vendor Oppo telah berhasil masuk ke Indonesia dengan masif sejak pertama kali belum lama lalu, sehingga setelah itu tiap berita tentang Oppo begtiu cepat tersebar di media lokal.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Review Oppo Piano R8113Desain
Dengan ukuran 123 x 63 x 9.9mm, smartphone ini sangat mulus dan tipis, ringan namun mantap di tangan. Bentuknya yang kotak tegas, pojok sedikit rounded, dan dengan lapisan hitam mengkilat kuat. Sangat elegan. Layar 4 inci kotak tegas, nampak kokoh dan mampu menyajikan tampilan jernih yang penuh, sangat mantap. Jelas, IPS lah sebabnya. Smartphone ini memakaikan layar IPS dengan multi touchscreen dan layar 16 juta warna.

Performance
Tak diragukan, kinerja prosesor Dual Core yang didukung dengan RAM 512 MB dan OS  Android v4.1.1 (Jelly Bean) plus diperkuat oleh GPU Power VR SGX 531, mendukung ponsel pintar ini untuk aktivitas harian yang cukup padat. Keperluan data, bermain games, foto dan rekam video, hingga akses internet, didukung oleh kinerja bagian itu semua. Ada dua kamera yang disematkan, kamera utama (belakang) lumayan mendukung dengan kemampuan 5MP nya,  sementara kamera depan hanya kualitas VGA saja, sudah lumayan untuk video chat atau video calling. Namun, kualitas rekam video hanya 720p, ini tentunya kurang memuaskan untuk pecinta video HD, apalagi sudah cukup banyak smartphone sekitaran Rp 1,8 juta sudah menyematkan kualitas HD.

Konektivitas
Dual SIM Card GSM On pada smartphone ini berada pada jaringan yang cukup tangguh, 3G HSDPA. Sekaligus juga menyediakan EDGE, GPRS, bluetooth, USB Port, dan WiFi.

Harga Oppo Find Piano R8113
Harga resmi Find Piano R8113 ini adalah Rp 1.999.000,-. Dengan spesifikasi seperti yang disebutkan di atas dan di daftar spesifikasi di bawah ini, harga tersebut sudah sangat lumayan. Apalagi dukungan garansi resmi 1 tahun, pastinya menambah kenyamanan membeli dan menggunakan ponsel pintar ini. Jika dibandingkan dengan Samsung, Apple, maupun Acer, Anda akan butuh Rp 3 jutaan untuk mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang sama dengan Oppo Find Piano R8113. Nah, ini mungkin salah satu kelebihan smartphone ini, karena dia tidak kalah dari vendor-vendor besar dalam menyematkan hardware berkualitas tinggi namun produk dijual dengan harga murah.

Spesifikasi Oppo Find Piano R8113
Network : GSM 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 3G HSDPA 900 / 2100
Multiple SIM : Dual SIM GSM Dual stand-by
Layar
Tipe : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran : 4 inch ( 800×480 piksel) capacitive multitouch
Dimensi : 123x63x9.9mm
Ukuran/Berat : 128.5 gram
Audio
Fitur : Vibratiion, MP3 Polifonik Ringtones
Jack : 3,5 mm Jack Audio
Speakerphone : Ya
Memory
Internal : 4 GB, 512 MB RAM
Eksternal : microSD, up to 32 GB
Data :
3G: HSDPA 7.2Mbps, HSUPA 5.76 Mbps
EDGE : Ya
GPRS : Ya
WLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth : Ya, with A2DP
USB/Port : microUSB v2.0
Kamera :
Primer 5 MP (2560?1920 pixels), autofocus, Geo-tagging, touch focus, LED flash, face detection, sweep panorama, image stabilization;
Sekunder VGA (640×480 piksel)
Video Record : Ya, 720p@30fps
Baterai : Tipe Standard battery, Li-Ion 1710 mAh
OS : Android OS v4.1.1 (Jelly Bean)
CPU : Dual core 1 GHz
GPU: Power VR SGX 531
Browser : HTML
GPS : Ya, with A-GPS
Messaging : SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
Java : Via Java Emulator, Fitur tambahan: – SNS integration – Document viewer – Photo viewer/editor – Organizer – Predictive text input
Video Player : MP4/H.264/H.263 player, MP3 Player, MP3/WAV/eAAC+ player
Audio Record : Ya
TV : Tidak