Anda pasti sudah merasa tidak asing lagi mendengar nama merk Sony. Merk yang banyak memproduksi perangkat gadget di dunia ini, kini pihaknya kembali unjuk gigi dengan menghadirkan produk terbarunya yang diberi label dengan sebutan Sony Xperia SP. Smartphone Sony Xperia SP ini  menjadi sebuah pilihan yang tepat bagi anda yang menginginkan smartphone desaign mewah dengan harga yang cukup terjangkau yang sengaja dilahirkan untuk membidik pasar mid- end.  Smartphone ini awalnya hanya dirilis di negara Inggris saja. Sebab di negara Ratu Elizabeth itu Sony menggandeng tiga perusahaan telekomunikasi Inggris untuk menjadi rekanannya dalam memasarkan Xperia SP kehadapan publik, yakni T- Mobile, Orange dan EE. Fitur dan spesifikasi yang komplit pada produk besutan Sony, hal inilah yang menjadikan Sony Xperia SP banyak diminati penggemar gadget.

Desain dan Layar

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Sony kali ini mendesain produk barunya dengan sebuah desain yang cukup kokoh dan unik. Bahkan teknology anyar ini telah dirancang menggunakan bahan alumunium yang dapat menjadikan handset  Xperia SP terkesan mewah dan glamour. Pada bagian layar, Sony mengusung layar berukuran 4.6 inci dengan resolusi 1280 X 720 piksel dengan kerapatan 275ppi yang ada pada bagian layar utamanya. Produk milik Sony ini dipoles dengan mengusung dimensi 122 X 59.5 X 10.5 mm serta mempunyai bobot 120 gram. Produk ini menggunakan operasi sisten Android terbaru yakni Android 4.1 Jelly Bean. Tak hanya itu fitur layar Reality Displaynya juga mampu menghasilkan gambar yang sangat tajam dan cerah.

Performa

Pada bagian spesifikasinya, perusahaan Sony membekali perangkatnya dengan prosesor Qualcomm MSM8960T Snapdragon 1.7 GHz dual core Krait serta chipset Novathor  U8500. Pemakaian prosesornya tak lupa menyandingkannya dengan RAM sebesar 1 GB sehingga mampu menghasilkan kinerja yang sangat bagus. Pada bagian penyimpanannya, Sony telah membekali produk ciptaannya dengan kapasitas memori internal sebesar 16 GB. Namun perangkat mewah ini tidak didukung dengan pemasangan slot di dalamnya sehingga pengguna tidak bisa menambahkan pemakaian memori eksternal.

Konektivitas

Pada bagian konektivitas, Xperia SP diperlengkap dengan sarana WiFi yang dapat tersupport secara langsung jika berada dalam jangkauan hotspot serta adanya jaringan GPRS agar pengguna bisa nyaman berselancar di dunia maya. Sedangkan pada koneksi antar perangkat, produk besutan Sony ini dilengkapi dengan adanya fitur Bluetooth, microUSB dan USB

Kamera

Pada bagian kamera, Sony Xperia SP dilengkapi dengan dual kamera. Pada kamera depan menggunakan resolusi 8MP. Sedangkan pada kamera depan hanya menggunakan VGA.  Kamera pada Xperia SP dilengkapi dengan autofocus, LED Flash, Geo Tagging. Sedangkan pada video menggunakan resolusi 1080p.

Baterai dan Fitur Lain

Sony Xperia SP menggunakan baterai Li- ion 2370 mAh untuk mendayai perangkatnya. Bahkan perangkat ini diklaim dapat bertahan selama 18 jam waktu bicara. Sedangkan fitur lain yang disematkan dalam perangkat Xperia SP adalah Google Search, Google Maps, Gmail, Youtube, Google Talk, Java MIDP emulator  dan masih banyak lagi fitur menarik yang pastinya membuat para penikmatnya cukup tergoda

 Harga

Dengan berbekal memiliki fitur yang cukup komplit, Sony membanderol produk besutannya pada pasar Inggris seharga US$ 387 atau sekitar Rp 3.7 juta. Sedangkan untuk di Indonesia belum ada kabar resmi kapan smartphone Xperia akan dirilis kepasaran Indonesia dan berapa harga penjualan dari produk ini. Namun yang pasti kemungkinan besar harganya tidak akan jauh berbeda dengan harga yang telah beredar di pasaran Inggris. Menurut kabar yang beredar, Sony Xperia SP kemungkinan besar akan beredar pada akhir bulan Mei 2013 ini atau setidaknya paling lambat pada awal bulan Juni 2013 mendatang.