cara mempercepat kinerja blackberry yang lambatTidak bisa dipungkiri oleh para pengguna BlackBerry, bahwa smartphone besutan RIM ini memiliki kelemahan yang cukup menyebalkan, yaitu lemot pada waktu tertentu. Berarti ini kelemahan BlackBerry dong? Betul sekali, lemot adalah identik dengan BlackBeryy secara umum. Namun, apakah sebegitunya? Atau hanya pada kasus pengoperasian tertentu saja? Nah, sebelum kita membahas cara mudah mempercepat kinerja BlackBerry, untuk lebih jelasnya, mari kita data terlebih dahulu kelemahan ponsel pintar asli Kanada ini.

Kelemahan BlackBerry secara umum:

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

  1. Pada aplikasi

Aplikasi sangat terbatas, dan inilah kekurangan yang sangat menonjol dari BB. Banyak aplikasi yang bisa didapatkan di Apple apps store dan Google Play Market tidak tersedia di BlackBerry App World.

  1. Pada browser

Browser yang tersedia default tidak bisa menampilkan webpage dengan javascript dan animasi. Sehingga akhirnya pengguna membutuhkan bantuan pihak ketiga, seperti Mozilla Firefox for mobile dan Opera Mini

  1. Pada penyimpanan aplikasi pihak ketiga (3rd party software)

Seluruh 3rd party software terinstal bersama pada memori internal, sehingga dengan memori internal (RAM) BlackBerry yang terbatas tidak banyak software 3rd party yang dapat diinstal (terutama pada BlackBerry type lama), meskipun sudah tersedia software yang dapat memindahkan instalasi 3rd party software pada memory card, saat digunakan program 3rd party tetap di load di internal memory (RAM)

Tentu saja, kelemahan ini tidak begitu terasa pada BlackBerry Z10, karena BB Z10 memiliki kelebihan dan kelemahan yang cukup berbeda dengan seri-seri sebelumnya secara umum.

Nah, dengan memahami dan mengetahui kelemahan BlackBerry secara umum tersebut, maka kita bisa melakukan beberapa cara untuk mempercepat kinerja BlackBerry, yaitu:

  1. Disarankan setiap 2-3 hari 1x, cabut/ lepas batere BB, dan diamkan selama 1-2 menit, fungsinya untuk membuang dan menghapus sisa-sisa file yg tidak terpakai akibat proses chatting maupun browsing.
  2. Disarankan secara rutin Clear Log Event dengan cara tekan tombol ALT+L G L G..akan muncul dilayar hasil log, tekan tombol logo, pilih Clear Log, tekan Delete.
  3. Disarankan juga secara rutin Cleaning Memory, dgn cara, pilih Options, Security Options, Cleaning Memory, tekan tombol logo, pilih Clean Now.
  4. Tiap 2-3 hari 1x, lakukan Host Routing Table, melalui: OptionsàAdvancedàOptionsàHost Routing Tableàtekan tombol logoàRegister Now.

Setelah langkah-langkah diatas, dilakukan juga tiap 2-3 hari 1x lakukan Diagnostic Test. Ini sangat penting karena dengan cara inilah layar BB akan menunjukkan semua koneksi, baik PIN, Register maupun koneksi Email. Lakukan melalui: OptionsàMobile Networkàtekan logoàDiagnostic Testàtekan lagi tombol logoàpilih RUN, lalu biarkan sampai proses berjalan hingga lengkap.

Nah, bagaimana, mudah kan? Cobalah pada BB Anda, jangan khawatir, tidak akan menambah keeroran kecuali BB Anda memang sedang dalam masalah tertentu.