Blackberry kembali membuat gebrakan baru. Kali ini perusahaan gadget yang berasal dari tanah Kanada ini, kembali akan meluncurkan seri 10 nya lagi. Perangkat terbarunya ini diberi nama dengan sebutan Blackberry Q10. Teknology anyar ini telah dipersembahkan di wilayah Kanada dan Inggris, yang dikarenakan bahwa di dua wilayah ini smartphone Blackberry Q10 nyaris laris manis dipasaran.

Sosok kehadiran BB Q10 ini bukanlah satu-satunya produk seri 10 yang bersinar dipasaran. Sebab sebelumnya kehadiran Blackberry Z10 juga disambut secara antusias oleh para penggemar gadget saat ini, khususnya di tanah air. Namun yang jelas bukan berarti hadirnya produk ini berdasar pada satu seri yang memiliki desaign serupa. Sebab kedua smartphone ini mempunyai penampilan yang sedikit berbeda. Blackberry Q10 mengusung desain tampilan lebih mungil yang juga telah menggunakan layar sentuh dengan ukuran 3.1 inci serta diberi penambahan di segi keyboard qwerty.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Spesifikasi Blackberry Q10

Blackberry Q10 memiliki desain layar yang berukuran 3.1 inci dengan resolusi 720 X 270 piksel serta telah menggunakan teknologi AMOLED. Pada bagian penyajian layar, penampilan Blackberry terbaru ini memiliki ukuran layar yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi terdahulunya. Perangkat canggih yang memiliki rupa cantik ini juga telah menghadirkan banyak variasi warna hingga 16 juta. Sedangkan untuk spesifikasi dibagian dalamnya, Blackberry Q10 ini juga dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Plus Dual-Core dengan kecepatan 1.5 GHz yang kemudian dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB. Sedangkan pada bagian sisi kamera, Perangkat anyar ini sudah dibekali kamera yang menggunakan resolusi  8 megapiksel yang lengkap dengan penambahan LED Flash. Dibagian kamera depan menggunakan resolusi 2 megapiksel serta juga dilengkapi dengan 3.5 mm jack audio.

Koneksi dan Baterai

Kehadiran Blackberry Q10 juga dipadati dengan koneksi data WiFi   802.11 a/b/g/n dual band yang bisa terkoneksi dengan Hotspot sehingga dapat memudahkan penggunanya berselancar dengan bebas di dunia maya. Perusahaan RIM ini juga tak lupa memasang fitur Bluetooth dan microUSB yang dapat difungsikan sebagai sarana penghubung antar pengguna gadget.  Dalam hal kekuatan powernya perangkat ini Q10 ini juga telah menggunakan daya baterai Li-ion 1800 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 10 jam meskipun dalam kondisi hidup.

Rumor yang merebak saat ini, Blackberry Q10 memang sengaja dirilis memiliki tampang rupa yang tidak sama dengan seri 10 lainnya. Jika pada Blackberry sebelumnya tampilannya berwarna hitam dan putih, maka Q10 akan muncul dengan Edisi spesial Q10 yang berbalutkan emas. Tak hanya itu, kabar angin itu juga berhembus bahwa, produk canggih milik Blackberry ini, juga akan dibanderol dengan harga selangit yakni sekitar Rp 8 jutaan. Selain penampilannya yang cukup agresif, Blackberry Q10 juga akan dibuat dengan cara handmade yang dikemas secara ekslusif dengan menggunakan retail box berbentuk kayu yang akan menggunakan ukiran. Bahkan keberadaan ini juga akan dilengkapi dengan sertifikat dan nomor seri kepemilikannya.

Sedangkan untuk peluncuran perdananya, smartphone Blackberry super mewah ini akan diluncurkan di sentra bisnis terbesar di dunia seperti halnya di Dubai Mall di Uni Emirat Arab, meskipun dengan jumlah yang sangat terbatas. Meskipun BB Q10 saat ini belum resmi dirilis di Indonesia, namun versi black market dari Blackberry Q10 juga telah bertebaran dibeberapa situs online dengan harga yang cukup fantastis hingga 14 jutaan.

Tentunya hal ini merupakan sebuah harga yang jauh lebih mahal dari harga resmi Blackberry. Yang pasti, bagi para pecinta Blackberry, hal ini tentu saja akan membuat bangga dirinya yang dikarenakan dapat merasakan BB Q10 terlebih dulu meskipun harus membayar dengan harga yang lebih mahal dari pada harga resminya. Namun sayangnya, pembelian Blackberry secara black market ini, tidak mendapatkan layanan garansi yang cukup memadai yang disebabkan bukan melakukan transaksi secara langsung dari penjual resminya.