tips membersihkan memori tablet dari file sampahUmumnya, kita menyadari bahwa semakin banyak aplikasi yang didownload dan diisntal di tablet bisa semakin memperlambat kinerja tablet. Adakalanya kita berkai-kali menginstal aplikasi (program) yang diingini dan kemudian setelah puas kita meng-unsinstalnya, berharap agar space memori lebih longgar dan loading makin segar. Namun, apakah proses uninstal sudah benar-benar bisa menyegarkan tablet? Ternyata belum tentu.

Meng-uninstal aplikasi dari tablet Android sebenarnya tidak sepenuhnya bisa menyegarkan memori, karena tiap aplikasi yang dihapus masih menyisakan temporary files yang masih memakan sebagian memori, seperti logs, crash report atau debug files. Ini adalah file-file sampah, yang harusnya juga ikut pergi ketika Anda meng-uninstal aplikasi. Namun seringnya mereka harus dibersihkan secara manual. Hmm.. bayangkan jika dalam satu aplikasi yang Anda instal disana terinstal pula folder , crash report, debug files, dll. Belum lagi jika Anda harus menginstal lebih dari satu aplikasi. Apa tidak capek?

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Oleh karena itu, perhatikan tips membersihkan memori tablet dari file sampah agar tablet menjadi berkinerja lebih segar, dengan dua cara mudah berikut ini:

Manual:

  1. Masuk ke menu Settings à Applications à Manage Applications, selanjutnya pilih aplikasi yang ingin dihapus. Berikutnya, klik pilihan “Clear data” dan “Clear cache”. Kemudian barulah Anda klik “uninstall”. Nah, inilah proses yang benarm terlebih dulu lakukan clear data dan cache sebelum uninstall aplikasi
  2. Cek file melalui File Manager, atau cek di drive tempat data aplikasi terinstal (jika di laptop/komputer berupa Drive C à Program Files). Pastinya aplikasi-aplikasi yang diinstal akan membuat folder-folder khusus yang akan tetap ada meski aplikasinya sudah di-uninstall. Jika folder-folder khusus tersebut di tempat Anda menginstal aplikasinya, maka tinggal delete folder-folder khusus tersebut. Namun Anda harus hati-hati dan pastikan folder tersebut benar-benar file sampah dari aplikasi yang Anda uninstal, jangan malah Anda menghapus folder dari aplikasi lain yang masih berjalan di tablet

Dengan  bantuan software tertentu:

Banyak software yang bisa membantu pembersihan memori yang tersedia di Google Play Store. Salah satunya adalah Clean Master (Cleaner) dari Ksmobile di http://www.ksmobile.net/. Software atau aplikasi ini mampu melakukan pembersihan secara komprehensif untuk cache, residual files, app packages dan history (web browser, Google Play Store, Gmail, Clipboard). Clean Master (Cleaner) juga bisa mematikan aplikasi yang tengah berjalan (running task), dan dapat meningkatkan performa RAM serta menghemat baterai. Menariknya, aplikasi ini bisa digunakan untuk smartphone/tablet original alias belum di-rooting. Kapasitas file Clean Master (Cleaner) ini ± 1,4 MB dan kompatibel untuk smartphone/tablet Android versi 1.6 ke atas.

  • Tampilan awal berupa 4 pilihan proses pembersihan: History, Residual Files, Tasks dan Temp APKs
  • Untuk melakukan proses pembersihan, Anda tinggal memilih salah satu opsi di atas. Setelah dipilih, Anda akan mendapatkan kumpulan file yang menyisakan file-file sampah
  • Selanjutnya, Anda tinggal meng-klik opsi “Clean” untuk menghapusnya
  • Untuk Residual Files, Tasks dan Temp APKs, Anda dapat memilih daftar file mana saja yang akan dibersihkan. Tinggal memberikan tanda centang di pilihan file yang tersedia, lalu klik “Clean”.