Dua minggu lagi ajang Google I/O akan diselenggarakan pada tanggal 15 Mei mendatang, beredar kabar bahwa Google akan menunjukkan kepada publik sebuah perangkat tablet yang berukuran 11 inci. Produk itu diberi nama Nexus 11.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Untuk pembuatan produk terbarunya ini, Google menggandeng perusahaan teknologi raksasa, yakni Samsung sebagai rekanannya. Vendor Android terbesar itu nampaknya semakin getol dalam menggarap pasar tablet. Produsen elektronik yang berasal dari Korea ini, sebelumnya sudah pernah menangani pembuatan smartphone Galaxy Nexus serta tablet Galaxy Nexus 10 yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu. Kabarnya Nexus 11 akan dikeluarkan oleh pihak Samsung pada tahun 2013 ini.

Spesifikasi Nexus 11

Tablet terbaru ini menggunakan prosesor 8- core (4+4) Exynos 5410 serupa dengan yang digunakan oleh Samsung Galaxy SIV. Di bagian prosesornya akan menganut konsep big  LITTLE dari ARM dan memiliki 8 buah core yang terdiri dari 4 core A15 serta memiliki kinerja yang cukup  tinggi, 4 buah Core A7 nantinya juga akan mengambil alih tugas pemrosesan ringan pada baterai yang memiliki peran dapat menghemat daya baterai. Jika rumor spesifikasi ini benar, maka Nexus 11 akan menjadi tablet nomor wahid yang memakai prosesor 8- core besutan Samsung. Namun untuk hal ini, vendor asal Korea ini masih menunggu persetujuan dari pihak Google tentang penggunaan prosesor miliknya.

Sesuai dengan namanya Nexus 11, tablet anyar ini akan menggunakan layar display Super PLS TFT yang berukuran 11 inci, dengan layar sebesar ini diperkirakan, Nexus 11 akan memadukannya dengan resolusi 1920 X 1080 dengan 2560 X 1600 seperti yang disematkan pada saudara terdahulunya, yakni Nexus 10. Namun sayangnya, baik dari pihak Google maupun Samsung masih belum memberi bocoran Android versi apa yang nantinya akan diadopsi dalam perangkat Nexus 11 ini.

Multimedia

Pada bagian multimedia. Tablet pertama yang memasang layar 11 inci ini juga akan dibekali dengan 2 buah kamera yang mana pada bagian depan akan dipasang kamera sebesar 2 MP sedangkan pada kamera utama akan dipasang kamera 8 MP,  sehingga nantinya para pengguna akan lebih leluasa mengabadikan setiap momen kedalam tablet kesayangannya. Menariknya, tablet pesanan Google kali ini dikabarkan juga akan menyertakan slot Micro SD sebagai ekspansi storage hingga 64 GB. Bahkan di bagian ini pula ia akan tercatat sebagai kali pertama Google menyertakan slot, sebab pada seri smartphone dan tablet Nexus terdahulunya, Google tidak pernah menyertakannya.

Fitur- Fitur Lainnya

Seperti tablet pada umumnya, tablet pesanan Google ini pun menyertakan fitur- fitur untuk memanjakan para penggunanya. Bahkan pihaknya juga akan menyematkan Google Maps, Gmail, Yahoo, Facebook, Twitter dan banyak lagi aplikasi chating lainnya.

Namun hal semacam ini hanyalah rumor semata, sebab pihak Samsung dan Google masih belum mau mengeluarkan pernyataan resmi mengenai kabar tersebut. Kalau Nexus 11 nantinya sudah muncul depan publik, maka Samsung akan menjadi perusahaan pertama yang mendapat kepercayaan dari perusahaan internet raksasa, Google untuk merilis dua perangkat yang berbeda sebanyak dua kali yakni dua smartphone dan dua tablet. Namun kita tunggu saja kepastiannya kapan Nexus 11 ini akan dikenalkan pada publik.

Bahkan saat ini Samsung juga diprediksi sedang menyiapkan tablet 11 inci lainnya dengan fiturserta spesifikasi yang lebih rendah. Kemungkinan produk terbaru dari Samsung ini diberi nama Galaxy Tab 11 yang menggunakan prosesor Exynos 5250.