Bagi anda yang terbiasa berkecimpung dengan dunia komputer istilah PlayOnlinux tentu sudah bukan merupakan hal yang baru lagi didengar. PlayOnlinux adalah sebuah perangkat software di linux untuk menginstal program- program yang ada di dalam microsoft. Bagi sebagian besar pengguna Linux keberadaan aplikasi yang ada pada sebuah platform kadang dirasa belum cukup untuk mampu menggantikan keberadaan aplikasi yang sudah ada pada platform windows. Kekurangan ini terasa jika kita membuka kategori permainan. Disana ada banyak aplikasi permainan yang telah dirancang secara spesifikasi bagi platform windows. Banyak yang merasa senang ketika proyek Wine diluncurkan. Proyek ini berusaha mengimplementasikan pustaka API yang merupakan milik windows untuk bisa menjembatani bagi para pengguna linux yang hendak menggunakan aplikasi berbasis windows yang dijalankan pada program linux.

Dan saat ini sudah muncul sebuah solusi baru untuk lebih memudahkan pengguna jika mengintall aplikasi windows pada linux. Aplikasi ini disebut dengan nama PlayOnlinux. Pada dasarnya aplikasi ini memanfaatkan adanya proyek Wane yang sudah dikustomisasi sehingga pengguna yang awam tentang linux lebih gampang menggunakannya. Pengguna tinggal memilih aplikasi yang dikehendaki lalu menginstalnya. Setelah itu biarkan PlayOnlinux yang bekerja pada proses selanjutnya. Anda bisa memakai versi terbaru PlayOnlinux 1.4.9. Proses penggunaan PlayOnlinux ini tidak hanya berhenti sampai disani saja. Karena, masih dibutuhkan beberapa aplikasi pendukung lainnya seperti halnya: WxPhyton, cabextract, dan Wine.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Akan tetapi pada sebagian distro linux sudah disediakan paket aplikasi diatas. Sehingga pengguna tinggal menginstallnya dengan mudah. Bagi anda pengguna Slackware, anda bisa menggunakan SlackBuild script yang sudah tersedia. Setelah itu anda tinggal mengunjungi situs http://slackbuild.org/repository/14.0/games/playonlinux cara penggunaannya sebagai berikut:

Pertama kali menjalankan aplikasi PlayOnlinux, aplikasi anda akan diuji apakah sistem pada komputer anda sudah memenuhi beberapa persyaratan dasar. Salah satunya adalah adanya font milik microsoft. Jika font ini belum tersedia maka aplikasi PlayOnlinux akan mengunduhnya secara otomatis.

Setelah semuanya sudah siap maka PlayOnlinux akan menghubungkan dirinya ke server internet untuk mengambil data dari aplikasi terbaru yang ada disisi server. Developer pada Playonlinux berusaha mengklasifikasikannya pada berbagai macam aplikasi kedalam beberapa kategori yang dimasukkan kedalam bentuk tab. Contohnya, mIRC merupakan aplikasi IRC client yang paling populer yang ada di windows. Silahkan anda meng- klik tombol instal a Program dan pilih tab internet. Maka dibagian akhir daftar aplikasi anda bisa melihat mIRC. Setelah itu lalu klik tombol instal. Disana anda akan mendapatkan halaman panduan untuk melakukan instalasi mIRC. Proses install akan dimulai dengan mengunduh aplikasi yang bersangkutan kemudian dilanjutkan dengan proses instalisasi seperti pada platform windows. Maka aplikasi yang baru terpasang akan memunculkan daftar aplikasi yang ada pada jendela utama PlayOnlinux.

Untuk menjalankan aplikasi yang sudah diinstal klik tombol run maka aplikasi akan berjalan kembali secara normal. Sebagai catatan saja, PlayOnlinux tidak menjamin semua aplikasi yang ada bisa terpasang pada platform linux. Daftar aplikasi yang muncul pada layar adalah aplikasi yang sudah diuji dan sudah dipastikan bisa berjalan dengan baik. Memang daftar yang ada jumlahnya masih belum banyak, namun seiring dengan perkembangan proyek Wine, tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak pula aplikasi yang tertera pada daftar PlayOnlinux sehingga nantinya dapat sesuai dengan keinginan serta kebutuhan akan aplikasi yang banyak. Jadi sekarang anda tidak perlu merasa risau lagi dan tetap bisa bermain game dengan aplikasi ini.