Mungkin Anda termasuk yang menanyakan pertanyaan berikut ini: bagaimana cara melindungi gadget agar tidak rusak? bagaimana merawat smartphone agar awet? Bagaimana melindungi tablet dari kerusakan akibat virus? bagaimana mengantisipasi gadget agar tidak dicuri orang? Dll masih banyak lagi pertanyaan yang sekiranya ditanyakan Anda semua terkait aset digital ini.

Wajar semua pertanyaan itu ada dalam satu kepala. Bagaimanapun, gadget yang Anda miliki baik itu smartphone, kamera digital, tablet, maupun perangkat digital lain, memiliki harga dan merupakan aset kekayaan Anda. Adanya ancaman virus yang tersebar di internet, kemungkinan goresan benda lain, layar yang retak karena tersimpan dalam wadah yang tidak sesuai, hilang dicuri orang, dsbnya, hanyalah sebagian darikekhawatiran para user. Semua itu bisa diatasi dengan cara terbaik berikut ini:

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Tips merawat dan melindungi gadget dimanapun dan kapanpun:
1.    Instal antivirus. Jika smartphone atau tablet atau perangkat digital lain milik Anda berjalan pada sistem operasi yang cara melindungi gadgetmemungkinkan Anda menginstal aplikasi, pastinya antivirus bisa diinstal di perangkat Anda. Antivirus seperti AVG, TrustGo, Avira, Eset Nod32, dll bisa dijajal untuk mengamankan perangkat Anda. Dan ingat, cukup 1 program antivirus yang diinstal, jangan lebih, agar tidak terjadi bentrok program atau eror deteksi, dll.
2.    Gunakan LCD protector. Untuk melindungi layar dari sentuhan dengan benda yang bisa membuatnya tergores, baiknya pasangi LCD protector sejak awal. Ini ada dalam wujud plastik tipis yang tidak mudah tegores, dan ada juga dalam wujud seperti plastik tebal yang direkatkan pada area LCD. Ini biasa disebut juga sebagai screen guard atau screen protector.
3.    Gunakan case dari plastik, karet, atau kulit yang berkualitas, agar selain melindungi dari goresan, juga bisa melindungi dari air, minyak, dan kotoran apapun dari luar.
4.    Gunakan aksesoris tambahan untuk melindungi pada kondisi tertentu, misal seperti holder battery charger jika itu smartphone, untuk meletakkan ketika di-charge.
asuransi gadget di global teleshop5.    Asuransikan gadget. Sebuah perangkat digital juga aset Anda, dia memiliki harga, tidak ada salahnya diasuransikan, mengingat saat ini masih saja banyak terjadi pencurian gadget, baik di rumah-rumah mewah, perkantoran, hingga kos-kos mahasiswa dan rumah penduduk. Global Teleshop menggandeng Sinar Mas untuk mengasuransikan setiap ponsel yang dibeli di retail resmi Global.
6.    Pastikan jaminan garansi. Selama masa garansi masih, tiap gadget Anda yang mengalami gangguan pada hadrware, bisa klaim garansi. Oleh karena itu pastikan gadget Anda adalah produk asli, bukan refurbish, rekondisi, maupun BM (black market). Semua produk yang masuk dengan cara ilegal maupun yang refurbish, tidak memiliki garansi resmi maupun garansi distributor.

Nah, mungkin Anda memiliki tips merawat dan melindungi gadget ala Anda, bisa share dengan kami.