cara mengatasi masalah touchscreen pada iphoneSebagai produk unggulan Apple, iPhone, semua seri, ternyata memiliki masalah-masalah yang membuat user nya jengkel. Bahkan, dari beberapa kesaksian pengguna gadget ini, baik di blog pribadi mereka maupun curhat melalui media umum, ada beberapa masalah yang sudah ditemukan sejak pertama kali mengeluarkan gadget ini dari kardus barunya. Ini sangat mengusik. Beberapa waktu lalu juga terdengar berita bahwa ratusan atau malah ribuan iPhone di Amerika dikembalikan ke perusahaan Apple karena ditemukan masalah fatal. Jika ini terjadi pada Anda yang sibuk, tentunya akan sangat menyita waktu.
Layar sentuh yang Hang. Nah, daripda ribut mengurus kepulangan gadget ini ke perusahaannya karena ditemukan kekurangan, mari kita coba diskusikan solusi pada masalah-masalah iPhone yang paling sering ditemui.

1.    Layar sentuh tidak merespon/ hang
Touchscreen pada iPhone adalah salah satu andalan gadget ini dalam iklannya. Namun faktanya banyak kasus layar sentuh iPhone tidak mau merespon sentuhan padahal kondisi iPhone baik-baik saja (tidak rusak). Namun masalah ini sebenarnya bisa teratasi dengan cepat, dengan:
•    Restart iPhone Anda, tekan dan tahan tombol Home dan tombol kunci layar selama 10 detik. Jika sudah reboot ,nampak dari loading logo Apple, maka proses restart berhasil. Layar iPhone akan kembali normal. Mungkin kondisi hang karena Anda menyentuh terlalu cepat
•    Jika Anda menemukannya sebagai eror sistem operasi (software), Anda bisa mencoba memperbarui software iOS di iTunes, dan kemudian Anda dapat mencoba restore di iTunes, pilih opsi untuk mengatur perangkat sebagai ‘sebuah iPhone baru’ sehingga Anda tidak mengembalikan pengaturan buruk yang sebelumnya, dan ingat untuk melakukan sinkronisasi terlebih dahulu.
•    Jika kedua solusi diatas belum bisa mengembalikan kenormalan, kemungkinan besar masalah ada pada hardware. Solusi terbaik adalah mengklaim garansi perangkat ini di tempat pembelian atau graha Apple, jika masih memiliki garansi dan terdapat graha Apple di tempat Anda.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

2.    Tombol ‘Home’ tidak bekerja

Ini sering dikeluhkan para penggunya. Solusinya:
•    Restore sistem operasi iOS Anda melalui iTunes. Jangan lupa, pilih opsi untuk mengatur perangkat sebagai ‘sebuah iPhone baru’ sehingga Anda tidak mengembalikan pengaturan buruk yang sebelumnya
•    Gunakan fitur ‘AssistiveTouch’  dari aplikasi built-in IOS untuk menggantikan tombol Home default. Fitur ini  dapat diaktifkan melalui Settings  General  Accessibility  AssistiveTouch
•    Solusi terakhir, yang paling berbahaya, karena bisa menghilangkan garansi (jika masih garansi), adalah mengencangkan kembali posisi dari tombol Home itu dengan cara: memasang kabel USB ke iPhone  tekan perlahan pada konektor 30pin sehingga mendorong di belakang tombol Home. Sementara Anda menekan ke atas  klik tombol Home. Lepaskan kabel, dan lihat apakah berhasil kembali seperti semula.

3.    Tidak dapat terhubung internet

•    Jika iPhone Anda tidak dapat terhubung ke internet melalui koneksi nirkabel, GPRS atau 3G, coba reset iPhone seperti cara pertama diatas. Jika iPhone masih tidak dapat mengakses jaringan, coba untuk melakukan pengaturan jaringan ulang dari iPhone melalui “Settings” Kemudian pilih “General” kemudian lanjutkan untuk memilih Reconfigue Network. Anda butuh memasukkan password yang disimpan sebelumnya, jika lupa, hubungi penyedia layanan untuk dapat menginstal pengaturan yang paling akurat.

Nah, demikian tips menyelamatkan iPhone yang bermasalah, semoga bisa menjadi cara mengatasi masalah iPhone dengan paling mudah.