Dewasa ini banyak gadget yang memakai sistem operasi android. Mulai dari handphone hingga tablet. Karena fiturnya yang bermacam-macam, si hijau mungil ini langsung memiliki banyak penggemar. Jika anda memiliki gadget dengan sistem operasi ini, ada beberapa tips ringan merawat gadget androit anda agar awet.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Jangan Terlalu Banyak Memasang Aplikasi

Ribuan jenis aplikasi tersebar di android market, mulai dari yang free hingga yang berbayar. Unduh dan pasang aplikasi seperlunya saja, karena terlalu banyak aplikasi akan membebani kinerja RAM sehingga gadget anda akan lebih pendek umurnya. Jangan sembarangan mendownload aplikasi dari google play. Pilihlah aplikasi yang ber rating tinggi, karena biasanya aplikasi tersebut terpercaya.

Rawat Layar Sentuh Anda

Gadget android rata – rata memakai layar sentuh. Namun tidak semua ponsel android memiliki layar dengan kualitas bagus. Jangan sembarangan meletakkan gadget anda, karena mungkin saja akan menggores layar sentuhnya. Pasang juga anti gores supaya layar asli anda tidak tergores dan rusak.

Melakukan Rooting

Sebelumnya kami ingatkan bahwa dengan melakukan rooting maka garansi anda akan hilang. Rooting berarti kita dapat mengakses sepenuhnya gadget kita. Dengan melakukan rooting, kita bisa menghapus aplikasi bawaan yang sebelumnya tidak bisa kita hapus karena tidak memiliki akses.

Memformat Kartu Memori

Kartu memori atau memory card adalah tempat di mana aplikasi biasanya terinstal. Selain itu lagu, gambar, dan video tersimpan di sini. Memory card yang penuh akan memperlambat kinerja gadget anda. Sesekali lakukanlah pembersihan atau formating untuk meringankan kerja si hijau mungil.

Merawat Baterai

Apa artinya kita memiliki gadget mahal jika baterainya cepat boros? Ya, pada dasarnya semua gadget android menggunakan sumber daya yang cukup tinggi. Normalnya orang men-charge gadget androidnya sehari sekali. Namun jika digunakan untuk melakukan kegiatan – kegiatan berat seperti gaming atau surfing internet, si hijau akan membutuhkan daya yang lebih tinggi sehingga baterai cepat sekali terkuras. Terlalu sering men-charge baterai akan memperpendek umur baterai. Untuk itu matikan gadget ketika tidak diperlukan. Jangan menghidupkan wifi atau GPS ketika kita sedang tidak butuh. Gunakan juga aplikasi baterai management yang banyak tersebar di google-play store.

Berlangganan Paket Data

Gadget sekelas android jika tidak difungsikan sepenuhnya ibarat pistol tanpa peluru. Untuk membuat android anda berfungsi maksimal maka anda harus selalu terkoneksi dengan internet. Jika anda selalu bisa menggunakan wifi, itu tidak masalah. Akan tetapi jika suatu saat anda berada di luar jangkauan wifi? Solusinya adalah dengan berlangganan paket data. Banyak provider yang menyediakan paket data baik secara harian, mingguan, atau bulanan. Pilih yang cocok dengan anda sehingga gadget anda tidak hanya pistol tanpa peluru.

Lindungi Gadget Anda dari Tangan-tangan Jahil

Hampir seluruh gadget android memakai layar sentuh. Untuk mencegah orang lain menggunakan gadget kesayangan anda, anda bisa menggunakan fitur bawaan android untuk mengunci gadget anda. Ada berbagai macam “kunci” yang bisa digunakan, yaitu dengan menggambar pola dan memakai password. Pastikan anda mengingat kata kunci atau pola anda dan jangan memberi tahu sembarang orang tentang kombinasi kunci anda.

Pasangkan Antivirus

Android, sama juga dengan sistem operasi lain rentan dengan adanya virus. Untuk mencegah virus masuk anda bisa mengunduh aplikasi anti virus di google-play store. Jangan lupa untuk meng-update antivirus anda.

Itulah beberapa tips untuk merawat gadget android anda. Gunakanlah dengan bijak maka anda bisa memperpanjang usia si hijau kesayangan anda.