apple smart penSeperti halnya vendor lain, Apple tak berhenti berinovasi. Seperti diberitakan laman Digitalrends pada Maret lalu, Apple baru saja mematenkan sebuah pena pintar, sebuah gadget yang terlihat seperti menggabungkan fungsi iPod dengan sebuah pena. Apple mendesain alat ini dengan penuh fungsi digital, dimana dibenamkan di dalamnya LCD display yang bisa menampilkan catatan, email, dan pesan, serta melacak gerakan pena dengan akselerometer sensor. Wow, keren. Memang siapapun mengenal bahwa Apple memiliki ide-ide cerdas dan inovatif. Namun, benarkah itu?

Usut punya usut, baik laman Digitltrends maupun Mashable, keduanya menyatakan bahwa gadget terbaru Apple yang baru diagram apple smart pensaja dipatenkan ini ternyata memiliki catatan sejarah, artinya, ternyata Apple tidak benar-benar berinovasi atau melahirkan produk baru yang solutif. Semakin waktu, semakin diketahui umum bahwa ini bukan ide orisinil dari Apple, sudah ada sebelumnya ide seperti ini dan bukti piranti yang juga telah dipatenkan. Mengapa?

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Sepertinya Apple mengklaim bahwa pena miliknya tersebut akan lebih fungsional dan serbaguna, meskipun bentuknya terlihat tidak terlalu menarik. Perusahaan peninggalan Steve Jobs ini bertekad untuk menjejalkan kemampuan komputer dalam segala piranti, yang dahulu pada wujud display adapter, jam tangan, dan kini dalam sebuah pena. Smart Pen ini ternyata dibeli Apple dari seorang penemu asal Inggris bernama Lyndsay Williams, yang telah mematenkan produk pena pintar dengan nama SmartQuill pada tahun 1997. Lyndsay Williams bukanlah orang dalam perusahaan Apple, namun dia pernah bekerja sekali waktu di perusahaan Microsoft. Williams mencipta dan mematenkan SmartQuill ketika dia bekerja pada BT Labs.

smartquill lindsay williamsKalau begitu, Apple hanya membeli produk jadi orang lain yang sudah dipatenkan dan berusaha mematenkan ulang atas nama Apple? Nampaknya Apple memang bukan mau menciptakan kembali pena pintar tersebut, namun lebih pada melindungi properti intelektual smartphone dengan mengajukan kembali penemuan sebelumnya. Tidak dijelaskan alasan Apple mengajukan kembali paten yang sudah diajukan pada tahun 2005 tersebut dan Williams pun tidak mau memberikan komentar karena alasan kerahasian. Mungkin saat Apple tengah mempersiapkan iWatch, maka akan terdengar menarik juga jika mereka juga memiliki pena pintar yang disebut dengan iPen. Apakah pernyataan ini semacam optimistis dukungan atau sindiran? Bagi vendor lain yang menjadi pesaing Apple, berita ini mungkin sekali bisa menjadi serangan, maklum perang dagang. Yang jelas, sangat menarik, apa yang diterima Lindsay Williams sehingga menjual hak cipta piranti yang sudah ada di pasaran sejak 15 tahun yang lalu.smartquill by lindsay williams

Tujuan Williams mencipta alat ini adalah untuk merangkum kerja piranti genggam dalam sebuah pena. SmartQuill berisi segalanya tentang multiple accelerometers dan sensor hebat untuk menjadi mikrofon, speaker, sensor jarak dekat untuk layar sentuh kecil dan pemancar radio, yang sekaligus memiliki kamera dan penyimpanan data, dengan komunikasi yang menggunakan menara seluler, memungkinkan adanya GPS, suara, email, kalender, to-do list dan banyak lagi.

Hmm.. bukan karya orisinil Apple dong.