Review Blackberry Gemini 8520 GSM HitamJudul di atas tidak lebih tidak bukan adalah penggambaran betapa BlackBerry Curve 8520 alias BlackBerry Gemini GSM dan BlackBerry Curve 8530 alias BlackBerry CDMA ini paling banyak dipakai oleh pengguna di Indonesia. Pernyataan ini hanya secara perkiraan saja dengan melihat penjualan BlackBerry Gemini sejak kemunculannya pada 2009 lalu hingga hari ini baik yang baru maupun yang second begitu kencang. Hari dimana sudah menjadi hari bagi Orlando bermain, Gemini masih terus dalam perburuan oleh para calon pengguna baru BB. Hari ini ketika Z10 sudah menghebohkan dunia pergosipan gadget qwerty, kelas kantong menengah masih memburu BB ini. Karena memang pada urutan BB, Geminilah yang paling murah dan secara kualitas dia sudah memenuhi syarat.

Apakah pernyataan “sudah memenuhi syarat” itu tidak berlebihan? Tidak, karena tentunya memenuhi syarat dalam kelas BlackBerry. Harga bekas untuk Gemini baik GSM maupun CDMA saat ini (April 2013) berkisar sekitar Rp 750 ribu hingga Rp 900 ribu. Kondisi Gemini ketika dijual second tentunya bervariasi, itu dia ada kisaran harga yang berbeda. Apalagi jika Gemini white, akan lebih disukai.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Sebenarnya, jika kita bandingkan harga HP lain dengan harga Gemini bekas antara Rp 750 ribu hingga Rp 900 ribu, kita sudah bisa mendapatkan smartphone yang masih termasuk rilisan baru antara lain:
1.    Samsung E2653 Champ Duos Rp 600 ribuan
2.    Smartfren Andromax 4.0 Rp 875 ribuan
3.    Mito A300 Rp 699 ribuan (touchscreen)
4.    Nexian Explorer Hawk Rp 499 ribuan (dual SIM Card On)
Dan masih banyak lagi smartphone Android seri sejak 2 atau 1 tahun yang lalu namun berkualitas bagus dan dalam kondisi baru dijual seharga BB Gemini. Ya tentunya apalagi jika dibandingkan dengan HP biasa maupun smartphone Cina dibawah Rp 900 ribu, banyak sekali.

Namun, jika pengguna smartphone menghendaki fitur BBM, maka smartphone-smartphone Android murah dari merk lain akan kalah dengan orientasi pada BB. Kualitas minimal pada seri BB Gemini setidaknya masih standar di kelas BB, namun tidak bisa disandingkan dengan vendor smartphone manapun karena vendor lain yang tidak memiliki fitur BBM dan sekaligus Gemini yang tidak memiliki segudang aplikasi keren di gadget Android tersebut.

Apa kelebihan BlackBerry Gemini?
1.    keypad qwerty
2.    trackpad optikal cukup sensitif, lebih baik daipada trackball yang mudah rusak
3.    mendukung memori eksternal hingga 32 GB
4.    suara jernih
5.    fitur standar lengkap (GPRS,EDGE,WLAN,Bluetooth,USB)
6.    OS BlackBerry 5.0
7.    kamera 2 MP resolusi 1600×1200 px
8.    pilihan warna hitam dan putih semuanya elegan
9.    tahan bantin, awet
10.    banyak komponen menggunakan karet termasuk pada bezel, sehingga nyaman di tangan dan awet

Apa kelebihan BlackBerry Gemini?
1.    masih bermain di jaringan 2G,jadi sering delay dan lelet loadingnya
2.    karet mudah lepas pada bagian tombol Play/Mute
3.    tidak adanya fasilitas radio
4.    tidak memiliki fitur GPS