ASUS MeMo Pad ME172VReview ASUS MeMo Pad ME172V
Desain – Keluaran terbaru dari ASUS yang satu ini terinspirasi oleh Google Nexus secara desain hingga tekstur bagian belakang. Bedanya, Nexus dilapisi materi halus pada bagian belakangnya, sementara MeMo Pad ini hanya dengan plastik yang lebih kasar. Dan lagi, Nexus dilapisi bahan semacam krom pada tepian dan ujungnya sehingga nampak seperti gadget premium, sementara MeMo Pad hadir dalam beberapa pilihan warna, antara lain putih, hitam, abu-abu, pink.

Ukuran gadget ini 7.7 x 4.6 x 0.4 inci dan beratnya hanya 12.5 ons, cukup ringan, namun ukuran ini review ASUS MeMo Padlebih luas dari Google Nexus dan lebih berat darinya juga. Namun, jika ada penyuka Amazon Kindle Fire HD di Indonesia, MeMo Pad lebih langsing dan lebih ringan, sekalipun Kindle Fire memiliki sudut dan bagian belakang yang halus. Bagusnya lagi, nampak terdapat power button dan volume controls di bagian pojok kiri atas, headphone jack di posisi atas, dan microSD Card clot di bawah. Keberadaan hadrware penting ini jauh lebih baik daripada yang dimiliki Google Nexus dan Kindle Fire HD.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Display – Sayangnya, brightness yang ditawarka hanya mentok pada 293 lux, ini tidak lebih baik dari Kindle Fire yang semua diatas 400lux dan Nexus dengan 300 lux lebih. Alhasil, sekalipun resolusi layar 1024 x 600, kualitas warna yang dihasilkan tidak optimal.

kelebihan ASUS MeMo PadAudio – Nah, kalau yang ini menyenangkan, karena MeMo Pad ternyata mampu mendukung volumyang tinggi, kuat dan suara yang jelas, sehingga sangat nyaman untuk memutar musik maupun video.

User Interface – Jika ditanya nyaman tidaknya pengoperasian MeMo Pad, maka jawabannya cukup memuaskan karena tampilan keyboard yang ramah, fitur Google Now yang sangat membantu mengorganisasikan keperluan pengguna, dan yang jelas, tampilan dan kinerja dari Android Jelly Bean yang terasa nyaman.

Performance – Hmm.. ini bagian yang cukup kompleks. MeMo Pad sangat mendukung untuk bermain games, karena bekal prosesor Single Coe 1GHz VIA WM8950 dengan RAM 1GB. Dukungan grafik dengan AN3Dbench, yang berdasarkan media-media Barat ini tidak lebih baik dari Nexus maupun Kindle Fire. Bagi yang suka gaya, terdapat kamera depan 0.3 MP, lumayan untuk chatting. Untuk koneksi, tidak tersedia slot SIM Card, namun pengguna bisa menggunakan WiFi yang tersedia dan modem eksternal dengan kabel.

Harga – ASUS MeMo Pad ME172V lebih murah $50 atau sekitar Rp 490 ribu dibanding Google Nexus. ASUS MeMo Pad ini hanya dijual dengan $149 (harga Amerika dan sekitarnya), dan rata-rata menjadi $190 jika di Indonesia.

Kelebihan ASUS MeMo Pad ME172V
–    Kualitas suara bagus
–    Terdapat beberapa pilihan warna
–    Menggunakan OS Android Jelly Bean
–    Terdapat slot MicroSD Card

Kelemahan ASUS MeMo Pad ME172V
–    Kinerja lamban
–    Kualitas tampilan buruk
–    Baterai dibawah rata-rata

Mendapati kelebihan dan kelemahan seperti itu, memang pembeli tentu mendapatkan gadget 7 inci dengan Android Jelly Bean dan memori yang dapat diuppgrade dengan harga yang terjangkau. Namun sekaligus dia juga harus menerima kualitas tampilan dan kinerja yang terbatas.

Bagaimana, tertarik?