jenis-memori-pada-komputerPlasa Gadget – Memori pada komputer memiliki jenis dan keberagaman yang tidak sama, begitupun dengan kapasitas yang dimilikinya. Masing-masing komputer memiliki beberapa jenis memori sesuai dengan subtipe komputer itu sendiri serta sesuai dengan fungsi dan sistem yang ada di dalam komputer itu juga.

Memori juga dikategorikan berdasarkan tugasnya masing-masing di dalam sebuah komputer. Karena memori merupakan subuah perangkat yang paling penting dalam sebuah komputer, maka tidak heran jika tanpa memori sistem dalam sebuah komputer tidak bisa berjalan secara maksimal.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Pada komputer PC maupun laptop, memori mendukung terciptanya fungsi dan spesifikasi dari komputer itu sendiri. Memori berhubungan erat dengan komponen yang tersalurkan dengan penyimpanan data hingga membuka kembali data yang telah tersimpan. Mengingat pentingnya sebuah memori dalam sebuah komputer, prosesor akan bergantung pada memori.

Jika komputer tidak memiliki memori maka prosesor tidak menemukan apa-apa dalam komputer yang ingin diproses. Sebagai pengguna komputer, pastinya kita harus mengenal beberapa jenis memori pada komputer. Untuk jenis memori yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

a. RAM (Random Access Memory)

RAM merupakan memori penyimpanan data sementara pada komputer. RAM akan berfungsi ketika komputer berjalan, sedangkan jika komputer dimatikan data yang tersimpan oleh RAM akan hilang jika penyimpanan dilakukan sebelum prosesor pada komputer bekerja karena  data yang ada di komputer seutuhnya akan di simpan oleh Hardisk. RAM diperlukan sebagai penyeimbang data yang keluar masuk ke hardisk.

RAM sendiri memiliki dua jenis yakni SRAM (static RAM) dan DRAM (dinamic RAM). RAM yang telah penuh akan membuat kinerja komputer menjadi lambat. Pada program komputer yang dijalankan secara bersamaan akan membuat virtual memori mencari bagian RAM yang belum terisi sehingga selanjutnya bisa disalin ke hardisk komputer.

b. Cache

Cache adalah salah satu jenis RAM yang lebih responsif dibandingkan dengan RAM biasa. Pemeriksaan oleh CPU mengenai penyimpanan dalam memori cache sebelum ke memori pusat  akan memudahkan komputer menemukan informasi mengenai penyimpanan yang lebih besar hingga akhirnya ektraksi data akan berjalan lebih cepat dan tepat.

c. ROM (Read Only Memory)

Karena merupakan memori aktif, ROM dapat bekerja saat komputer hidup maupun mati. Isi di dalam ROM tidak bisa dimodifikasi ataupun dirubah. Memori jenis ini adalah sirkuit terpadu sebelum diprogramnya data penting dan harus selalu ada pada komputer demi terlaksananya fungsi normal.

d. Flash Disk

Memori ini merupakan jenis memori eksternal yang memudahkan pengguna komputer dalam proses pemindahan/transfer data dari komputer satu ke komputer lain secara nyaman dan mudah. Flash disk banyak digunakan oleh pengguna komputer karena mudah di bawa kemana-mana dan mampu menyimpan data dengan cepat. Untuk kapasitas penyimpanan tergantung seberapa besar kapasitasnya, mengingat flash disk satu dengan yang lain beberapa tidak sama. Data yang ada di dalam flash disk dapat diprogram sesuai keinginan pengguna mulai dari fungsi menyimpan data hingga menghapusnya.

e. Hardisk

Hardisk merupakan hardware penyimpan data penting yang ada di dalam sebuah komputer. Untuk kapasitas dari hardisk sendiri saat ini berkisar pada angka 120 GB sampai 500 GB. Bagi yang ingin menyimpan data pada komputer, hardisk memiliki kapasitas yang besar dan mampu menampung data Anda dengan nyaman juga mudah baik ke dalam memori ataupun transfer data dari memori.

Fasilitas komputer sampai saat ini bisa menjadi hal yang memudahkan para pemilik data, baik dengan media  penyimpanan yang dimiliki komputer secara internal dsn konteks eksternal demi sebuah keamanan juga kenyamanan pengguna. Selain jenis memori di atas, masih ada banyak jenis memori penyimpanan data komputer.