cara-mudah-meringankan-kinerja-komputer

Plasa Gadget – Tugas kuliah menumpuk, pekerjaan kantor menumpuk dan garapan yang harus diselesaikan banyak tetapi komputer justru macet dan lemot. Hal ini merupakan hal yang paling mnyebalkan dan menjengkelkan pastinya. Sama halnya dengan manusia, komputer yang telah bekerja terlalu lama juga akan mengalami rasa capek tentu hal ini memerlukan istirahat serta penyegaran. Nah untuk mendapatkan performa baru dan siap kembali bekerja, ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan. Berikut cara mudah meringankan kinerja komputer:

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

a. Atur Kerapian Desktop

Layar desktop yang berantakan dan tidak rapi akan menyulitkan Anda menemukan file. Jadi cobalah untuk membuat folder baru sebagai tempat file-file yang telah ada dan berantakan untuk lebih rapi dan mudah dicari. Bersihkan dari desktop file-file yang tidak pernah di akses, hal ini akan membuat kinerja komputer menjadi lebih baik.

b. Gunakan Hard Drive External untuk menyimpan file berkapasitas besar

Fungsi hard drive external adalah sebagai penyimpanan file-file baik yang berkapasitas kecil maupun besar. Dengan memindahkan file ke memori eksternal, hal ini akan melegakan memori internal dari komputer. Karena pada dasarnya semakin banyak file yang disimpan semakin keras pula komputer untuk bekerja. Memori eksternal juga akan bermanfaat jika sewaktu-waktu komputer Anda mengalami gangguan.

c. Bersihkan Multimedia yang Tidak Penting

Film dan lagu juga beberapa file multimedia lainnya akan memberatkan komputer jika disimpan terlalu banyak dan terlalu lama. Selain berkapasitas besar, multimedia akan melambatkan dan meberatkan kinerja komputer. Jika ada file multimedia dalam komputer Anda yang sekiranya tidak penting, cobalah untuk membuangnya dan membersihkannya atau menaruhnya pada memori eksternal.

d. Rapikan Pesan Elektronik (e-mail)

Jangan menyimpan inbox di e-mail terlalu banyak karena hal ini tidak baik bagi kerja komputer. Hapuslah e-mail yang sudah dibaca dan bersifat tidak penting dari inbox paling lama sampai inbox terbaru.

e. Aturlah Disk

Disk fargamentasi merupakan salah sau penyebab lemahnya kinerja komputer dan lemotnya komputer. Untuk mengatur disk yang bisa Anda lakukan untuk komputer yang menggunakan windows lama adalah klik Start -> All Program -> Accesories. Sedangkan untuk windows 8 Anda bisa mengaturnya dengan klik Search -> Defragment -> Settings.

f. Gunakan Pendukung Browser

Teknologi kompresi opera dan opera turbo mampu membuat halaman web hingga lima kali bahkan lebih cepat koneksinya dibandingkan dengan browser lainnya. Jika dalam suatu keadaan konkesi komputer Anda lemot, cobalah untuk berhenti dari area Wi-Fi yang sibuk dan pindahlah dengan koneksi baru. Aktifkan pula turbo mode untuk intensitas browsing yang tetap meningkat dan tetap stabil.

g. Hilangkan Progam Autostart

Memulai progam yang diinginkan bisa menggunakan start menu di Windows Vista yang selanjutnya Anda bisa mengetik “msconfig” untuk Windows 7, disinilah Anda bisa menambahkan progam autostart. Sedangkan pada Windows 8 yang bisa Anda lakukan adalah klik ctrl + shift + esc agar task manager bisa terbuka. Selanjutnya Anda bisa memilih tab startup dan menonaktifkan item apapun yang tidak diinginkan untuk dibuka secara otomatis. Penghapusan program untuk pengguna Mac bisa dilakukan dengan pergi ke system preferences > user/group/accounts > login item.

Mungkin cukup sekian informasi mengenai Cara Mudah Meringankan Kinerja Komputer, semoga bermanfaat.