Setiap perangkat Android, baik itu smartphone maupun tablet PC biasanya disertai dengan sejumlah aplikasi bawaan dari pihak pemroduksinya. Aplikasi ini terkadang memang cukup membantu karena memiliki manfaat yang cukup banyak untuk menunjang kerja perangkat. Namun, disisi lain juga dapat menyebabkan pengguna merasa jengkel.

Pasalnya tidak semua pengguna memiliki kebutuhan aplikasi yang sama, dan aplikasi bawaan yang terdapat di perangkat Android bisa jadi tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkannya. Sehingga aplikasi tersebut menjadi sangat jarang digunakan dan hanya akan ‘menuh – menuhin’ kapasitas memori internal saja. Dengan kata lain aplikasi bawaan ini tidak akan berguna dan hanya akan menjadi sampah di perangkat Android pengguna yang tidak membutuhkannya.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Padahal  memori internal yang semakin banyak terisi akan sangat mempengaruhi kinerja perangkat Android. Jika memorinya penuh atau hanya menyisakan sedikit ruang kosong, perangkat Android akan menjadi lelet atau bahkan menjadi sering hang.

Untuk itu ada baiknya aplikasi bawaan dihapus saja agar memberikan space kosong untuk mempercepat dan meningkatkan peforma perangkat Android. Apa bisa? Lantas, bagaimana caranya? Tentu saja bisa, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Titanium Backup. Hanya saja bagi Anda yang ingin melakukannya diharuskan untuk melakukan root terlebih dulu pada perangkat Android Anda.

Dan berikut ini langkah demi langkah untuk menghapus aplikasi bawaan di Android. Mudah, praktis, tanpa ribet! Check it out!

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Perangkat Android

Menghapus aplikasi bawaan android

  1. Langkah paling awal tentu Anda harus terlebih dulu mengunduh dan menginstal aplikasi Titanium Backup pada perangkat Android Anda.
  2. Selanjutnya silahkan tentukan aplikasi mana yang hendak dihapus dari perangkat Anda.
  3. Pilih aplikasi yang ingin dihapus tersebut, kemudian pilih Un-Install.
  4. Seketika setelah ANda memilih Un-Install akan muncul Pop-Up atau kotak dialog penghapusan. Silahkan pilih ‘yes’ untuk melanjutkan proses.
  5. Tunggu hingga proses penghapusan selesai.

Nah itu tadi cara mudah menghapus aplikasi bawaan di perangkat Android tanpa ribet. Sangat mudah bukan? selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.