Perkembangan dibidang teknologi sudah barang tentu membawa dampak yang besar bagi kehidupan manusia. Dengan perkembangan ini manusia seakan dimudahkan atau bahkan ‘dimanjakan’ dalam banyak hal di kehidupannya. Dan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang tak bisa kita pungkiri kebermanfaatannya adalah komputer.

Ya perangkat teknologi yang satu ini memang banyak memberikan manfaat, mulai dari mengolah data perusahaan, menyimpan atau mengarsipkan data secara terstruktur, hingga menganalisis banyak hal terkait kehidupan manusia. Terlebih kini pun telah tersedia jaringan internet yang akan membuat semuanya semakin mudah untuk dilakukan.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Sayangnya meski memberikan banyak dampak positif, namun perkembangan teknologi saat ini pun tak luput dari sisi negatif. Banyak sisi negatif yang juga turut muncul bersamaan dengan perkembangan dibidang teknologi ini. Salah satunya adalah semakin menjamurnya virus atau malware yang dikembangkan oleh sejumlah oknum tak bertanggung jawab demi kepentingan pribadi.

Virus atau program perusak ini tentu sangat berbahaya dan berpotensi merugikan pengguna, mulai dari mencuri data, menghapus data, merusak atau mengacaukan sistem, atau bahkan mematikan sistem secara total. Maka dari itu adanya virus atau malware ini harus benar – benar diantisipasi dengan serius.

Bagaimana caranya? Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghalau virus di computer, salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi antivirus yang saat ini telah banyak disediakan oleh pengembang.  Cara ini memang disebut – sebut sebagai cara terampuh yang sering kali menjadi pilihan banyak orang untuk memerangi virus computer.

Namun cara ini pun bukan tanpa masalah. Banyak pengguna yang masih mengeluhkan soal virus kendati mereka telah menggunakan sejumlah antivirus. Ya hal ini disebabkan karena setiap antivirus memiliki kelebihan dan kekruangan masing – masing, sehingga tidak semua antivirus mampu menengani semua jenis virus. Adakalanya pula antivirus tidak bekerja sebagaimana seharusnya dan tidak sesuai dengan harapan. Bahkan ada pula antivirus yang justru mendeteksi atau menganggap  sejumlah program yang berjalan di computer sebagai sebuah virus yang berbahaya.

Oleh sebab itu, Anda harus lebih selektif dalam memilih antivirus sebelum menggunakannya. Ada baiknya pula Anda menguji ketangguhan antivirus yang hendak Anda gunakan, sehingga ketika telah benar – benar menggunakannya Anda tidak akan menyesal.

Nah untuk menguji ketangguhan antivirus ini pun sebenarnya tak terlalu sulit, hanya saja mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Dan bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu bagaimna caranya, berikut kami telah menyiapkan step by step cara menguji ketangguhan antivirus. Check it out!

Cara Menguji Antivirus pada Komputer

Cara Menguji Ketangguhan Antivirus pada Komputer

1. Langkah pertama silahkan buka Notepad pada computer Anda.

2. Selanjutnya copy-paste kode berikut pada notepad :

 X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

3. Kemudian itu simpan dengan format ‘All Files’ dan beri nama sesuai dengan keinginan Anda.

4. Setelah Anda menyimpannya, amati apa yang terjadi. Ada tiga kemungkinan yang dapat mengindikasikan ketangguhan antivirus yang Anda gunakan, yakni:

  • Jika computer Anda menolak menyimpan script notepad diatas berarti antivirus yang Anda gunakan sangat tangguh.
  • Jika computer Anda dapat menyimpan script notepad tersebut, namun tidak lama kemudian terdeteksi atau terhapus, berarti antivirus Anda cukup tangguh.
  • Jika computer Anda dapat menyimpan script notepad tersebut dan tidak terdeteksi atau terhapus, maka Antivirus Anda sangat lemah dan sebaiknya Anda segera beralih ke antivirus lainnya.

Mudah bukan? perlu Anda ketahui, script di atas merupakan script virus test yang dikembangkan oleh EICAR (European Institute for Computer Anti-Virus Research) sebuah organisasi resmi yang melakukan riset mengenai virus dan antivirus.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.