Perkembangan smartphone berbasis Android semakin hari semakin menunjukkan grafik yang semakin meningkat. Tidak hanya terkait kuantitas atau jumlah penggunanya, namun juga untuk masalah fitur dan teknologi yang terus dikembangkan. Perkembangan ini disatu sisi membawa manfaat yang luar biasa, namun disisi lain bisa saja menjadi bumerang yang berbahaya.

Apalagi perkembangan smartphone Android yang semakin pesat ini tidak hanya bisa dinikmati oleh orang tua, namun juga anak – anak. Saat ini pun kebanyakan anak – anak sudah mengenal atau bahkan mahir dalam mengoparasikan sebuah smartphone. Tidak hanya untuk bermain game atau menonton TV saja, namun akan – anak pun kini sudah pandai berjelajah di dunia maya.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Hal seperti ini tentu akan sangat berbahaya manakala Anda sebagai orang tua tidak mengawasinya dengan baik. Pasalnya dunia internet adalah dunia yang luas dimana semua hal terdapat di dalamnya, termasuk segala hal negatif. Maka dari itu Anda harus pandai – pandai menjaga buah hati Anda dari dampak negatif internet.

Sayangnya Anda pun tentu tak bisa selalu berada disampingnya mengawasi setiap apa yang ia lakukan dengan smartphonenya. Termasuk mengontrol situs apa saja yang ia buka ketika berjelajah di internet. Nah jika telah begini, nampaknya Anda perlu untuk membatasi akses internet dari smartphone Android yang digunakan oleh si kecil. Anda mungkin perlu untuk memblokir akses ke situs internet yang berbau negatif seperti porno, kekerasan, dan segala hal lainnya yang bisa merusak anak.

Namun bagaimana caranya? Mudah kok! Tak perlu bingung, pasalnya pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips bagaimana cara memblokir situs di Android.

Cara Memblokir Situs di Android

Memblokir situs di android

  • Pertama silahkan download dan instal aplikasi ‘Safe Browser’ dari Google Play.
  • selanjutnya, silahkan masuk pada aplikasi tersebut dan tekan tomnol menu.
  • Pada bagian menu ini, pilih ‘Admin’. Setelah itu Anda akan diminta untuk menentukan pasword admin Anda.
  • Silahkan masukkan pasword dan konfirmasi password pada kolom yang telah disediakan. Jika telah selesai tekan ‘OK’.
  • Setelah Anda membuat pasword, Anda akan secara otomatis login sebagai Admin dan memiliki hak untuk mengatur dan membatasi akses ke situs – situs tertentu.
  • Untuk memblokir sebuah situs di Andoid Anda, cukup copy-paste alamat situs pada URL bar browser lalu tekan ‘Go’. Setelah situs tersebut dimuat silahkan tekan tombol Menu >> More >> Add Blaclist. Setelah itu secara otomatis situs tersebut tidak akan dapat diakses dari smartphone Android Anda.
  • Jika semua situs berbahaya telah selesai Anda blokir, silahkan log out dengan menkan tombol Menu >> Exit Admin.
  • Selanjutnya Anda bisa menseting aplikasi ‘Safe Browser’ ini sebagai browser defoult pada smartphone Android Anda. Dan supaya lebih aman, lebih baik Anda mengunci browser lainnya agar tidak bisa dibuka oleh anak.

Nah itu tadi cara memblokir situs di Android, mudah bukan? Dengan cara ini pastikan anak Anda terhindar dari dampak negatif internet yang sangat berbahaya. Semoga bermanfaat.