Google secara resmi telah mengumumkan “Lollipop” sebagai nama untuk sistem operasi Android generasi terbarunya. Nama ini masih mengikuti kebiasaan Google yang menggunakan nama – nama makanan untuk setiap versi OS Android nya.

Terlepas dari nama yang digunakan untuk OS Android generasi terbaru atau versi 5.0 ini, banyak pihak tentu bertanya – tanya, apa sih fitur unggulan dari OS baru ini? Nah bermaksud menjawab rasa penasaran banyak orang tersebut, kami telah merangkum 5 fitur unggulan Android Lollipop yang membuatnya lebih baik dari generasi – generasi sebelumnya.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Fitur unggulan Android Lollipop

Android Lollipop

1. Mendukung Prosesor 64-bit

Yap fitur unggulan yang ditawarkan oleh google melalui sistem operasi Android terbarunya ini adalah OS ini dapat digunakan untuk perangkat berprosesor 64-bit seperti Snapdragon 808 dan Snapdragon 810.

2. Google Now yang lebih baru

Android Lollipop menghadirkan pembaruan terhadap fitur Google Now yang sering disebut sebagai asisten pribadi. Google telah mengintegrasikan fitur ini dengan beragam perangkat, dengan demikian Google Now nantinya bisa terhubung dengan perangkat pintar lainnya serta asesoris Wearable. Hal ini disebut sebagai langkah bagus untuk tetap menjaga persaingan dengan platform lainnya. Pasalnya dua competitor utamanya telah terlebih dulu melakukan inovasi ini dengan dilakukannya pembaruan pada fitur serupa, Siri, oleh Apple serta diluncurkannya Cortana oleh Microsoft.

3. Fitur Kesehatan

Selain melakukan pembaruan fitur, Google melaluia OS Android Lollipopnya ini pun menambahkan sejumlah fitur baru yang bisa diandalkan. Salah satunya adalah fitur kesehatan yang akan membantu pengguna dalam mengontrol kesehatannya. Fitur ini nantinya akan mengumpulkan data mengenai aktivitas olah raga penggunanya dan kemudian dapat terkoneksi dengan sejumlah perangkat lainnya seperti Android Wear. fitur serupa sebelumnya telah terlebih dulu ada di iOS 8 besutan Apple dengan nama HealthKit.

4. Perkuat SIstem Keamanan Data

Selama ini keamanan perangkat berbasis Android memang mendapat banyak sorotan karena dikenal buruk dibanding dengan OS lainnya. Maka dari itu, melalui OS Android Lollipop ini, Google bermaksud untuk memperbarui dan meningkatkan segi keamanan data penggunanya. Meski hal ini sudah dijanjikan hadir di OS ini, namun untuk detail fiturnya belum ada penjelasan.

5. Sistem Keamanan Berbasisi SUara

Satu lagi inovasi menarik yang bakal dihadirkan pada OS Android Lollipop ini adalah fitur keamanan berbasis suara.Google menilai pengenalan suara dinilai lebih baik dan lebih efektif dari pada sitem keamanan dengan basis lain, seperti misalnya sidik jari.