Apa yang Anda ketahui tentang GPU? Bagi Anda penggemar gadget cerdas macam smartphone dan tablet, tentu Anda sudah tidak asing dengan istilah ini. GPU atau Graphic Processing Unit merupakan salah satu komponen pendukung prosesor yang bertugas dalam pengelolaan grafis.

GPU sendiri sebenarnya memiliki keterkaitan erat dengan CPU (Central Processing Unit). Secara fungsi keduanya nyaris sama yakni sebagai pengolah informasi pada suatu perangkat. Hanya saja yang membedakan adalah untuk CPU hanya memiliki beberapa core saja dan bertugas mengelola informasi berupa data. Sedangkan untuk GPU memiliki beberapa ribu core dan lebih berfungsi sebagai pengelola grafis atau gambar.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

GPU dengan fungsinya sebagai pengelola grafis, tentu akan sangat menentukan peforma dari sebuah smartphone. Terutama bagi smartphone yang memang didesain untuk kebutuhan multimedia. Nah maka dari itu, ketika Anda hendak mencari atau membeli smartphone dengan keperluan multimedia yang lebih salah satu komponen yang wajib Anda perhatikan adalah masalah GPUnya.

GPU sendiri macamnya ada cukup banyak dan setiap jenisnya memiliki karakteristik dan juga kelebihan masing – masing. Dan bagi Anda yang membutuhkan informasi terkait masalah ini, berikut kami telah merangkumnya untuk Anda.

Jenis – Jenis GPU pada Smartphone

  • Adreno

GPU Adreno

Adreno merupakan salah satu jenis GPU yang paling terkenal dan banyak digunakan pada smartphone canggih saat ini. GPU ini dikembangkan oleh AMD yang merupakan anagram dari Radeon. Untuk saat ini GPU Adreno telah memiliki cukup banyak versi, yakni Adreno 200, Adreno 203, Adreno 205, Adreno 220, Adreno 225, Adreno 230, Adreno 302, Adreno 305, Adreno 320, Adreno 330, Adreno 420.

  • Mali

GPU Mali

Mali memiliki eksistensi yang tak kalah dari Adreno. Jenis GPU yang satu ini juga sangat laris digunakan untuk produk – produk smartphone dari beragam kelas. Sampai saat ini, Mali sendiri telah memiliki banyak versi yakni Mali 400MP, Mali 450MP, Mali T628MP6 dan Mali T760.

  • PowerVR

GPU powerVR

GPU PowerVR umumnya lebih banyak dijumpai pada perangkat Apple, seperti di iPhone dan iPod. GPU ini juga telah hadir dalam sejumlah versi, dan berikut dari yang terendah hingga yang tercepat PowerVR SGX535, PowerVR SGX543MP2, PowerVR SGX543MP3, PowerVR G6430.