Smartphone atau ponsel pintar, kini telah menjadi sesuatu yang sangat akrab dalam kehidupan manusia. Bahkan bagi sebagian kalangan, barang elektronik yang satu ini dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, tidak lagi sebagai kebutuhan sekunder atau tersier. Banyaknya manfaat yang bisa diberikan oleh smartphone tentu menjadi alasan utamanya. Apalagi dengan bentuknya yang mungil dan ringan, membuat smartphone sangat mudah dan praktis dibawa kemana saja.

Nah oleh karena fungsi dan kegunaannya yang semakin meningkat, intensitas penggunaan smartphone pun tentunya semakin meningkat pula. Sampai – sampai banyak pengguna yang menggunakan smarthonenya kapanpun dan dimanapun mereka berada.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Berbicara mengenai hal ini,ada satu ketakutan atau permasalahan yang kerap dikeluhkan oleh pengguna, yakni ketika smartphone tanpa sengaja tercelum atau terendam dalam air. Ya, hal ini memang bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, terutama bagi mereka yang kurang berhati – hati dalam menggunakannya. Tentu bukan masalah yang terlalu serius bila smartphone tersebut berteknologi tinggi dengan fitur tahan air.Namun bagaimana dengan smartphone yang tidak dibekali dengan fitur tersebut? Jelas, bila tak segera ditangani tentu akan menyebabkan kerusakan yang sangat fatal.

smartphone tercelup air

Nah berkenaan dengan hal itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara menyelamatkan smartphone yang tercelup air. Berikut selengkapnya:

1. Segera Ambil Smartphone Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika smartphone Anda jatuh ke dalam air adalah segera mengambilnya. Pasalnya berapa lama smartphone Anda berada dalam air akan menentukan kondisinya.

2. Lepas Casing Penutupnya dan Segera Keringkan Semua Bagian

Seketika setelah Anda mengambil smartphone Anda dari dalam air, segeralah buka cashingnya dan keringkan semua bagiannya dengan handuk atau kain bersih yang dapat menyerap air. Air yang tak segera dibersihkan dapat menyebabkan konsleting pada komponen smartphone Anda. Jangan lupa segera lepas batrei smartphone.

3.  Lepas SIM Card dan Memori Eksternal Anda

Hal ini tentu sebagai upaya antisipasi agar data dalam kartu SIM dan memori Anda tidak hilang. pasalnya pada SIM Card dan Memori Eksternal terdapat bagian metal yang riskan mengalami korosi jika air yang mengenainya tak segera dibersihkan.

4. Gunakan Vacuum Cleaner untuk Mengeringkan Bagian dalam Smartphone

Karena ukurannya yang sangat mungil, smartphone tentu memiliki bagian – bagian yang sangat sempit yang tidak bisa dijangkau dengan menggunakan kain handuk. Nah untuk mengeringkan air pada bagian – bagian sempit ini, gunakan vacum cleaner. Namun dalam mengereingkannya, lakukan dengan sangat hati – hati.

5. Segera Bawa Ke Tempat Penyedia Jasa Service Smartphoen

Hal ini bisa Anda lakukan untuk memastikan apakah smartphone Anda mengalami gangguan atau tidak setelah kejadian yang Anda alami. Untuk itu hal terakhir ini tetap penting Anda lakukan dan usahakan untuk tidak menunda – nundanya.

Itu tadi step by step cara menyelamatkan smartphone yang tercelup air. Semoga bermanfaat.