Mengetik sms atau pesan lain dengan perangkat Android kini lebih menyenangkan. Pasalnya dengan beragam aplikasi Android, Anda bisa membuat keyboard Anda semakin pintar sehingga dapat memprediksi secara otomatis kata  – kata yang hendak Anda tulis. Sayangnya pada sejumlah aplikasi saran kata yang diberikan sangat terbatas dan akhirnya keyboard ini justru memberikan koreksi yang tidak sesuai dengan apa yang Anda maksudkan. Tentu ini menjadi sesuatu yang membuat Anda sedikit kurang nyaman bukan?

Nah namun Anda tidak perlu kawatir. Karena sebenarnya Andapun bisa membuat kamus Anda sendiri dan menambahkan banyak kata maupun singkatan yang sering Anda gunakan untuk berkirim pesan. Lantas, bagaimana caranya? Mudah kok! Anda cukup mengikuti beberapa step berikut ini.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Cara Menambahkan Banyak Kata pada Keyboard Otomatis

Keyboard Cerdas Android

  1. Pertama Anda harus mendownload aplikasi User Dictionary Plus (UDP). Aplikasi ini dapat dengan mudah Anda unduh dan install dari Google Play Store.
  2. Selanjutnya buka aplikasi yang telah Anda install tersebut dan pilihlah dalam bahasa apa Anda akan menambahkan kata otomatis. Hanya saja Anda mungkin tidak akan menemukan kategori bahasa Indonesia disini, karena aplikasi ini memang baru menyediakan bahasa dari sejumlah Negara Eropa dan Amerika. Untuk itu pilih saja bahasa Inggris yang memang memiliki karakteristik huruf yang identic dengan bahasa Indonesia.
  3. Setelah Anda memilih bahasa yang ingin Anda gunakan kemudian pilih import language untuk memulai proses download terhadap kamus sesuai dengan bahasa yang Anda pilih.
  4. Langkah selanjutnya Anda bisa emilih untuk menyalin kamus kata Anda dari facebook, twitter, gmail, ataupun SMS Anda. Setelah itu pilih import, jika Anda memilih bahasa yang hendak disalin dari twitter maka Anda akan diberi dialog persetujuan akses akun.
  5. Untuk menyetujuinya Anda silahkan log in dengan kata sandi Anda langsung dari browser dan pastikan Anda menekan izin aplikasi. setelah itu proses impor kata dari twitter ke perangkat Android Anda akan dimulai.
  6. Setelah proses import selesai, silahkan pilih kata yang hendak Anda pilih dan masukkan ke keyboard cerdas Anda. caranya cukup beri tanda centang pada setiap kata yang ditawarkan, lalu pilih import Word.
  7. Kemudian, setelah import selesai, Anda dapat back – up kata – kata yang sudah Anda buat ke dalam akun Google Anda. caranya log in pada akun Anda dan masuk pada pengaturan bahasa, lalu pilih edit.
  8. Seketika setelah Anda menekan pilihan edit akan muncul menu input tools setting. Beri ceklis pada kotak Synchronize user dictionary.

Mudah bukan? dengan cara ini Anda bisa menambah kamus bahasa pada keyboard Android otomatis Anda. semoga bermanfaat.