cara menghemat baterai laptop asusBagi pecinta gaming, maka ASUS A42S, G55VW, A43SM, A43SD, adalah beberapa dari sekian laptop ASUS yang mereka kenal tangguh untuk aktivitas berat semacam main games 3D, editing multimedia dan desain grafis. Rata-rata laptop ASUS tersebut memiliki bobot yang cukup berat. Ini wajar, mengingat seri-seri kuat tersebut membenamkan banyak spesifikasi tinggi yang rata-rata peripheral berat. Termasuk baterai pun ikut-ikutan berbobot juga. Tentu saja, justru ini penyimpan power agar laptop bertahan cukup lama. Rata-rata laptop dengan seri tersebut di atas memiliki daya tahan nyala hingga 2,5 jam, baik untuk olah data biasa, untuk mengoperasikan program desain, multimedia, maupun bermain games ringan hingga sedang. Namun jika untuk bermain games yang berat dan butuh support HD tinggi, seringnya memang akan kurang dari 2,5 jam. Ini waktu yang sangat lumayan untuk sebuah laptop kuat.

Tentu saja, Anda tidak mau, kan, tengah-tengah asyik berlaptopan tak terasa baterai habis dan harus Anda charge, sementara jika bermain dengan posisi baterai charging pastinya tidak asyik. Nah, agar aktivitas desain, editing film, hingga gaming tidak terganggu baterai yang lumayan cepat habis, perhatikan tips berikut ini, cara mudah menghemat baterai laptop ASUS.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Tips menghemat baterai laptop ASUS saat dipakai beraktivitas berat:

  1. Pastikan baterai sudah tercharge penuh sebelum digunakan. Sering men-charge baterai belum penuh dan sudah dipakai atau dicabut lama-lama bisa merusakkan kualitas baterai. Biasakan baterai tercharge sampai penuh.
  2. Cek Screen Saver. Tampilan yang berubah-ubah otomatis pada layar laptop ASUS akan sangat memakan baterai, sekalipun cukup kecil namun berulang-ulang sembari Anda beraktivitas dia akan terus berubah sendiri. Klik Control Panel àAppearance and Personalization à Change Screen Saver à Pilih (None) pada dropdown menu.
  3. Jika Anda menggunakan Windows 7, maka matikan Desktop Gadget semuanya, toh tidak Anda gunakan saat beraktivitas berat. Begitu pula Windows yang lain jika Anda menginstal gadget-gadget yang membuat tampilan otomatis pada desktop maka dimatikan saja.
  4. Cek Brightness dan Contrast. Redupkan keduanya, agar selain menghemat baterai juga menghemat mata Anda agar tidak cepat lelah karena keduanya yang terlalu terang.
  5. Lepas semua peripheral eksternal yang mencolok ke USB port. Semua device yang ON mencolok pada USB port itu memakan listrik.
  6. Non-aktifkan speaker jika tidak dipakai.
  7. Matikan semua hardware yang tidak sedang terpakai, seperti Bluetooth, WiFi, dll.
  8. Matikan start-up yang tidak perlu.
  9. Stop Tas Scheduler, seperti Antivirus, Defraggler, Anti Spyware dan lain-lain.
  10. Gunakan aplikasi pemantau baterai seperti misal BatteryCare, dll, cukup satu saja yang dipakai. Aplikasi seperti lumayan memberitahu kualitas baterai Anda.

Nah, semoga cara menghemat baterai laptop ASUS ini bermanfaat untuk Anda semua.