Untuk menyimpan teks dan gambar disalin, Anda biasanya akan membuka aplikasi yang cocok dan kemudian paste konten dari Clipboard ke dalam dokumen kosong. Namun, dengan perangkat lunak PasteAsFile kita dapat menyisipkan teks atau gambar dari Windows Clipboard langsung ke file. Yang menambahkan opsi PasteAsFile ke menu konteks Windows Explorer.

Cara langsung menyimpan item clipboard ke file pada Windows

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Buka halaman Cnet ini dan klik Download Now untuk menyimpan installer PasteAsFile. Kemudian jalankan melalui installer untuk menambahkan perangkat lunak untuk Windows XP, Vista dan 7 Untuk menyelesaikan setup, Anda harus memiliki salinan dari utilitas 7-Zip freeware. Dengan itu pilih pasteasfile (1) .rar dengan utilitas 7-Zip, dan kemudian klik setup.exe.

Selanjutnya copy beberapa teks ke clipboard dengan Ctrl + C. Kemudian buka Windows Explorer, dan klik kanan ruang kosong untuk membuka menu konteks. Sekarang Anda akan menemukan menu konteks termasuk pilihan PasteAsFile.

Pergi ke depan dan memilih opsi untuk membuka jendela di bawah ini. Di sana Anda dapat memasukkan judul file untuk dokumen yang akan menyertakan teks yang disalin. Tekan tombol select location untuk memilih tujuan folder alternatif untuk file. Jika tidak, akan menyimpan dalam folder yang Anda pilih opsi PasteAsFile dari Windows Explorer. Kemudian klik OK untuk menyimpan file baru dalam folder.

Berkas tersebut meliputi teks yang Anda sisipkan dari Clipboard. Anda juga dapat menyisipkan gambar langsung ke file yangsama. Format yang didukung adalah gambar JPEG, PNG, BMP, TIF, TGA, PCX dan GIF.

Ketika Anda klik kanan pada desktop Windows juga ada pilihan PasteAsFile. Pilih opsi dari menu konteks desktop untuk menyimpan file dengan teks atau gambar yang disisipkan ke desktop.

Jadi sekarang kita dapat menyisipkan teks dan gambar ke file tanpa membuka software apapun terlebih dahulu. Dengan demikian, PasteAsFile adalah pilihan berguna untuk dimiliki pada menu konteks Windows Explorer.

Semoga berguna !