Apa yang Anda rasakan ketika tengah mendownload file berukuran besar kemudian tiba – tiba berhenti atau terjadi eror? Pusing? Jengkel? Bête? Atau apa? Yap beberapa hal tersebut memang wajar Anda rasakan, terlebih ketika proses download tengah mencapai 99%. Dan parahnya lagi ketika diresume, proses download tetap berhenti di angka 99%.

Masalah seperti di atas memang kerap dialami oleh sejumlah pengguna internet. Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah koneksi internet yang tidak stabil atau naik turun. Dan bagi Anda yang mendownload dengan menggunakan IDM masalah koneksi internet memang menjadi factor penentu kelancaran proses download yang Anda lakukan.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Pasalnya seperti yang kita ketahui IDM akan mempartisi file download yang berukuran besar menjadi beberapa bagian untuk mempercepat proses download. Dan ketika koneksi internet sedang tidak stabil, memungkinkan salah satu atau beberapa bagian partisi file download ini akan mengalami corrupt. Alhasil proses download yang Anda lakukan eror atau gagal.

Nah bagi Anda yang mungkin mengalami hal di atas dan ingin mencari solusinya, pada kesempatan ini kami akan sedikit membantu Anda. Untuk dapat meresume proses download dan menyelesaikannya hingga 100%, berikut langkah – langkah yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengatasi Proses Download yang Berhenti Setelah 99% di IDM

IDM

  1. Pertama silahkan buka IDM Anda, lalu klik Download >> Options. Kemudian pilih tab Save to.
  2. Pada bagian ini Anda akan menemukan kolom berisikan alamat Temporary Directory, lalu buka folder temporary tersebut dengan Windows Explorer.
  3. Selanjutnya carilah file partisi download yang bermasalah. Setelah itu pecah file tersebut menjadi beberapa bagian berukuran 500 kb dengan menggunakan aplikasi HJ-Split. Misalnya saja satu file p[artisi berukuran 10 MB berarti Anda harus memecahnya menjadi 20 bagian sehingga masing – masing pecahan berukuran 500 kb. Dan jangan lupa untuk mengahapus file partisi yang asli.
  4. Setelah langkah diatas Anda lakukan, Anda akan menemukan 20 file dengan akhiran .001, .002, .003, hingga .020. Hapus pecahan yang ke 20 sehingga total sub pecahan Anda kini tinggal 19. Selanjutnya gabungkan kembali ke19 file pecahan tersebut menjadi 1 file, lagi – lagi dengan bantuan aplikasi HJ-Splite. Lakukan proses ini untuk semua file partisi download satu – persatu.
  5. Jika langkah diatas telah selesai Anda lakukan, Anda tinggal kembali meresume proses download Anda.

Biasanya jika masalah yang terjadi hanya karena koneksi internet yang tidak stabil, cara ini sudah cukup ampuh untuk menjadi solusinya. Namun jika penyebabnya bukan karena koneksi mungkin cara ini tidak akan berjalan cukup baik dan Anda pun harus mencari alternative lain.