Smartphone berbasis Android kini memang tengah menjadi yang terlaris dan merajai hampir disemua segmen pasar. Terus dikembangkannya fitur serta teknologi yang dibekalkan pada smartphone Android menjadi pertimbangan banyak kalangan untuk memilih platform ini dibanding dengan platform lainnya. Maka dari itu tidak heran jika pengguna smartphone Android kian hari kian meningkat.

Namun peningkatan jumlah pengguna smartphone Android dan peningkatan kualitas yang dihadirkan tidak lantas membuat smartphone Android bebas dari masalah. Terbukti sampai saat ini beragam keluhan masih banyak terlontar dari para pengguna smartphone Android, terlebih dari mereka yang menggunakan smartphone Android kelas menengah ke bawah.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Keluhan yang disampaikan pun cukup bervariasi mulai dari batrei smartphone cepat habis, sistem yang lambat atau hang, sampai seringnya ponsel restart sendiri. Meskipun keluhan terhadap perangkat Android ini beraneka ragan, namun pada kesempatan kali ini kami akan mencoba focus untuk membahas mengenai masalah smartphone yang sering restart sendiri. Penasaran apa penyebab smartphone Android sering restart sendiri dan bagaimana cara mengatasinya? Check it out!

Smartphone Android Sering Restart Sendiri

Smartphone Android sering Restart

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab dari masalah ini. Diantaranya adalah penggunbaan smartphone diluar batas normal hingga menyebabkan overheat, cache yang menumpuk hingga memenuhi memory, penggunaan aplikasi yang tidak cocok, hingga terinfeksinya perangkat oleh virus.

Nah setelah mengetahui beberapa penyebab smartphone Android sering restart, kini saatnya kita mengulas bagaimana cara untuk mengatsainya. Dan salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengembalikan smartphone Android ke setingan awal bawaan pabrik. Cara ini lebih dikenal dengan istilah Factory Reset. Namun yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan cara ini adalah back-up semua data penting yang terdapat dalam smartphone Anda. Pasalnya setelah Factory Reset ini selesai dilakukan maka semua data pada smartphone Anda akan hilang. Selain itu pastikan pula batrei Anda mencukupi (minimal 70%), hal ini semata – mata untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan seperti daya batrei habis sebelum proses selesai.

Setelah Anda memback-up semua data Anda, dan silahkan masuk pada Recovery Mode Android. Dan untuk melakukan Factory Reset Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini:

  1. Silahkan matikan smartphone Android Anda.
  2. Setelah itu tekan dan tahan secara bersamaan tombol power + volume up + home selama beberapa detik hingga muncul sejumlah menu yang bisa Anda pilih.
  3. Gunakan tombol Volume Up untuk memilih menu Factory Reset. Selanjutnya untuk memulai proses reset selahkan tekan tombol Home. Tunggu hingga proses selesai.
  4. Setelah proses reset selesai, silahkan pilih menu Reboot System Now.

Nah dengan langkah – langkah Factory Reset di atas smartphone Android Anda akan kembali ke setting bawaan pabrik. Dengan demikian diharapkan masalah sering restart yang Anda keluhkan bisa teratasi. Semoga bermanfaat.