Oke, jadi mari kita asumsikan bahwa Anda sedang bertualang ke bidang fotografi digital. Masalahnya adalah, Anda tidak memiliki editor foto yang layak untuk mengelola dan mengedit foto kamera mentah Anda. Jadi apa pilihan terbaik berikutnya? Nah, kenapa tidak Anda mencoba untuk menggunakan editor foto online gratis yang mendukung file kamera mentah? Jika Anda tidak bisa memikirkan apapun, maka cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Bagaimana mengedit RAW  foto kamera gratis

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Bagaimana mengedit RAW kamera foto secara online

Jika Anda memiliki file kamera mentah di DNG, CR2, NEF, ARW, ORF, PEF atau format RAF, Anda dapat dengan mudah melihat dan mengedit secara online. Anda bahkan dapat menyimpannya langsung ke akun Google Drive Anda sehingga Anda dapat memanfaatkan ruang bebas dari hard disk komputer Anda untuk file penting lainnya.

Langkah

– Menggunakan web browser (Chrome, Firefox, dll), pergi ke link ini untuk membuka aplikasi web yang disebut “Pics.io”.
– Masuk ke aplikasi web menggunakan akun Google Anda. Cukup klik tombol kuning “Login” di bagian paling atas halaman aplikasi Web. Setelah itu, klik “Oke” jika pernah Anda diminta untuk memberikan akses ke aplikasi.
– Setelah Anda login, klik “Connect Now” untuk menghubungkan aplikasi web ke Google Drive Anda.

Ini hanya akan memakan waktu beberapa detik untuk aplikasi web untuk menginisialisasi dan setelah selesai, klik “Collect” untuk membuat dan mengatur folder foto Anda alias koleksi Anda. Untuk membuat koleksi baru, hover mouse Anda ke “All photos” lalu klik ikon tambah.

Setelah melakukannya, Anda sekarang dapat mulai mengupload foto RAW kamera Anda serta file JPEG dan PNG Anda. Untuk meng-upload foto, cukup drag dan drop ke antarmuka aplikasi Web. Anda bahkan dapat meng-upload beberapa foto sekaligus. Setelah semuanya set, klik “Upload”.
Anda dapat memantau perkembangan meng-upload untuk setiap file upload dengan melihat kuning progress bar yang muncul di atas foto masing-masing. Waktu meng-upload biasanya berbeda-beda tergantung pada ukuran file yang Anda mencoba untuk meng-upload.
Setelah foto telah berhasil diupload, klik saja dan kemudian menggunakan alat yang tersedia untuk melihatproerties, dll Anda juga dapat memutar atau flip foto sebelum menyimpannya lagi ke komputer Anda atau Google Drive.

Jika Anda ingin mengedit foto, klik saja tombol “Edit” pada toolbar kiri. Anda kemudian akan dapat mengedit foto dengan menggunakan berbagai alat dan filter.

Setelah Anda selesai, klik “Save image” pada toolbar kiri. Mengedit properti foto ini maka jangan lupa untuk mengaktifkan opsi untuk “Save to Google Drive”. Klik “OK” dan hanya itu, Anda sudah selesai. Dengan Pics.io, Anda dapat memilih untuk menyimpan foto yang diedit di JPG, PNG atau format WebP.