Ingin tahu bagaimana cara melindungi dokumen PDF dengan password? Nah, mudah saja terutama jika Anda sudah memiliki PDF viewer dengan built-in fitur enkripsi file seperti Adobe Acrobat 8 atau 9. Sekarang, untuk alasan apa pun, katakan saja bahwa Anda tidak memilikinya. Seperti, misalnya, Anda berada di sebuah kafe internet dan Anda tidak diizinkan untuk menginstal perangkat lunak atau program. Apakah ada cara lain bagi Anda untuk dapat mengamankan dan mengunci file PDF?

Cara melindungi password atau mengenkripsi PDF

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Rupanya, ada. Jika Anda memiliki akses ke internet dan Anda dapat menggunakan browser web, maka semua yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Bagaimana mengamankan file PDF dengan password

– Pada web browser pilihan Anda (Chrome, Firefox, Opera, dll), klik link ini untuk pergi ke homepage “PDFProtect!” – Sebuah layanan web gratis yang memungkinkan Anda menambahkan password dan izin keamanan lainnya ke file PDF Anda. Anda dapat menggunakan layanan tersebut tanpa login. Plus, koneksi dienkripsi.
– Jadi setelah Anda berada di homepage PDFProtect! , Anda akan melihat bagian dimana Anda perlu meng-upload file PDF yang ingin Anda untuk amankan dan kunci. Dengan aplikasi web ini, Anda dapat memilih untuk meng-upload file dari komputer Anda atau meng-upload dari Dropbox atau akun Google Drive.
– Setelah itu, masukkan password yang ingin Anda gunakan untuk mengunci file Anda. Pastikan bahwa itu adalah password yang tidak mudah ditebak. Anda dapat membuat kombinasi huruf besar dan huruf kecil dengan karakter dan angka acak.

Setelah membuat password Anda, Anda dapat mengklik “Advanced Options” untuk mengatur tingkat enkripsi Anda PDF file yang dilindungi ini, izin pencetakan, izin editing, dll Anda juga dapat mengatur password yang berbeda untuk mengubah hak akses file PDF Anda.

Setelah Anda selesai, cukup klik “Protect” dan tunggu beberapa detik. Setelah aplikasi web selesai memproses file PDF yang dilindungi Anda, kotak dialog “Save As” akan muncul dan Anda akan diminta untuk menyimpan dokumen PDF dilindungi ke komputer Anda. Cukup klik “Save” untuk konfirmasi.

Jadi itu saja. Ketika membuka file , Anda akan diminta untuk memasukkan password yang benar. Ini akan membantu menjaga file rahasia Anda aman dari pengguna yang tidak sah.