App Folder Windows Phone

App Folder Windows Phone

Smartphone dan aplikasi kini ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, termasuk untuk smartphone berbasis Windows Phone. Kehadiran aplikasi memang tidak saja sebagai pelengkap namun lebih dari itu aplikasi adalah penyempurna kinerja smartphone. Baik penyempurna secara tampilan, peforma, maupun hal-hal lainnya.

Sayangnya saking banyaknya aplikasi yang diinstal seringkali menyebabkan penyimpanan yang tidak teratur alias berantakan. Meskipun pada beberapa perangkat hal ini tidak sampai mengganggu secara system, namun tentunya akan berdampak pada tampilan yang tidak menarik. Selain itu, bisa jadi hal ini juga akan menyulitkan pengguna untuk menemukan aplikasi yang tengah dibutuhkannya.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Nah berkenaan dengan masalah ini, bagi Anda pengguna perangkat Windows Phone versi update 8.1 kini telah tersedia layanan menarik untuk mengelompokkan aplikasi sesuai dengan keinginan Anda. Caranya mudah, cukup ketuk beberapa saat ikon live tile aplikasi yang Anda inginkan kemuadian seret ke ikon aplikasi lainnya yang sejenis hingga menutupinya. Setelah itu akan muncul folder baru yang akan menampung aplikasi tersebut, Andapun tinggal menamai folder tersebut sesuai dengan kehendak Anda.

Berbeda halnya dengan Windows Phone 8.1, bagi Anda pengguna Windows Phone 8 hal ini tetap bisa Anda lakukan, hanya saja Anda membutuhkan aplikasi khusus untuk dapat melakukannya, yakni ‘App Folder’. Aplikasi Windows Phone ini bisa diunduh di Windows Phone Store dengan ukuran file installer sekitar 1 MB. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Bagi Anda pemegang perangkat Windows Phone 8 yang menginginkan tampilan yang rapi dengan pengelompokan aplikasi yang mudah, berikut cara mengelompokkan aplikasi dengan menggunakan App Folder:

  • Setelah menginstal App Folder, jalankan aplikasi tersebut di perangkat Windows Phone 8 Anda.
  • Pada tampilan utama, memang hanya ada halaman kosong. Selanjutnya ketuk ‘Add’ atau ikon bertanda plus untuk memulai membuat folder baru.
  • Namai folder yang Anda buat tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Lalau pilih ‘Done’ untuk mengkonfirmasinya.
  • Selanjutnya Anda dapat memilih aplikasi mana saja yang hendak Anda kelompokkan dalam folder tersebut. Caranya, cukup beri tanda cek list pada kotak dialog aplikasi yang Anda maksud. Pilih ‘Done’.
  • Nah setelah langkah tersebut, aplikasi yang Anda pilih akan secara otomatis terkelompokkan dalam sebuah folder. Lakukan untuk folder – folder yang lain.