Anda sering menjalankan banyak program atau aplikasi secara bersamaan pada smartphone Android Anda? Hati – hati! Kebiasaan seperti ini bisa jadi mendatangkan masalah pada smartphone Android Anda. Menjalankan banyak program secara bersamaan atau multitasking memang terkadang Anda butuhkan dalam menjalankan sebuah pekerjaan. Hal semacam ini memang cukup membantu, terutama bagi Anda yang memiliki tingkat kesibukan tinggi dan membutuhkan banyak aplikasi on dalam perangkat pintar Anda.

Multitasking Android

Multitasking Android

Berbicara mengenai multitasking, mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah bagi Anda yang menggunakan smartphone canggih kelas high – end. Namun, bagaimana dengan Anda pengguna smartphone kelas menengah ke bawah? Tentu saja dampaknya akan lebih terasa bagi Anda pengguna smartphone dari kelas tersebut. Lantas, apa saja bahaya atau dampak multitasking pada Android? Berikut ulasannya.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Efek Samping Multitasking pada Smartphone Android

• Smartphone Menjadi Lamban

Menjalankan beberapa program atau aplikasi secara bersamaan akan membuat prosesor bekerja secara ekstra. Disamping itu, multitasking juga akan memakan banyak kapasitas RAM yang tersedia pada smartphone Android Anda. Dengan demikian wajar saja jika kemudian peangkat Anda berjalan lebih lamban dari biasanya. Bahkan ketika kapasitas RAM tidak lagi mencukupi, bukan tidak mungkin smartphone Anda akan mengalami heng.

• Smartphone Menjadi Boros Baterai

Kinerja prosesor yang dibuat ekstra oleh banyaknya program yang dijalankan tentu juga memaksa sulpay energi yang lebih besar. Alhasil daya Baterai pada smartphone Anda akan cepat terkuras atau dengan kata lain Baterai smartphone Anda akan menjadi lebih boros.

• Smartphone Menjadi Cepat Panas

Efek yang ketiga ini masih ada keterkaitan dengan efek pertama dan kedua. Proses multitasking yang memaksa prosesor bekerja secara ekstra selain menyebabkan daya Baterai cepat terkuras, juga memicu terjadinya overheating atau peningkatan panas secara berlebihan. Kondisi seperti ini tentu tidak boleh Anda anggap remeh, karena jika terjadi terus – menerus dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan secara permanen pada komponen dapur pacu perangkat Anda.

Nah itu tadi beberapa efek samping multitasking pada smartphone Android yang hendaknya Anda ketahui. Dan mengingat dampaknya yang bisa dibilang cukup serius, ada baiknya jika Anda menghindari multitasking yang tidak perlu.