Komputer/PC mungkin sudah sering terdapat virus, namun Android kini juga rentan terkena virus. Pasalnya android sendiri merupakan platform yang open source, artinya semua bisa mengedit atau memodifikasinya. Hal tersebut juga menyebabkan potensi Android terkena virus semakin besar. Apalagi jika Anda tidak berhati-hati dengan ponsel android Anda, bukan tidak mungkin jika nantinya terkena virus.

Cara Mencegah Virus Android

Cara Mencegah Virus Android

Salah satu penyebab terkena virus adalah karena ketergantungan dengan internet. Karena di internet sendiri banyak penularan virus/malware yang ada. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari virus Android yang bisa mengancam smartphone Anda. Nah, mari kita simak beberapa tips mengatasi virus android berikut ini.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

1. Gunakan Aplikasi Resmi atau Tempat Terpercaya

Saat ini banyak sekali tempat download aplikasi android yang bisa kita gunakan, tidak hanya Google Play. Namun harus kita ingat, alternatif kumpulan aplikasi tersebut harus kita ketahui. Karena bisa jadi alternatiof tersebut malah rawan terkena virus/malware di ponsel kita.

Nah, untuk download aplikasi android, saya sarankan untuk memilih tempat yang terpercaya seperti di Google Play, Samsung Apps, Amazon, dan beberapa toko  lainnya. Namun perlu di ingat juga, terkadang masih ada saja aplikasi yang rawan bajakan. Oleh karena itu kita harus teliti.

2. Hindari Penggunaan Aplikasi Bajakan

Mungkin Anda tergiur dengan aplikasi berbayar yang bisa di unduh secara gratis di internet. Namun hal tersebut harus di ketahui, karena tidak semua aplikasi yang bisa Anda dapatkan tersebut aman dari malware atau virus. Contohnya adalah seperti aplikasi BBM yang beberapa waktu lalu gempar di dunia maya. Banyak aplikasi palsu yang beredar di internet.

Disarankan untuk menggunakan aplikasi berbayar resmi di Google Play. Karena selain sudah pasti asli, Anda akan terhindar dengan kemungkinan terkena virus di smartphone android Anda.

3. Pasang Antivirus

Cara lain dan yang paling mudah untuk menanggulangi smartphone kita adalah dengan memasang antivirus. Banyak aplikasi yang bisa Anda pilih di Google Play Store mulai dari yang gratis ataupun berbayar. Namun perlu di ingat, tidak semua aplikasi cocok untuk smartphone Anda. Karena mengingat anti virus terkadang memakan RAM yang terlalu banyak.

Sebenarnya ada beberapa tips mengatasi virus android dan cara lain yang bisa Anda gunakan. Namun beberapa cara diatas cukup powerfull untuk Anda terapkan. Nah, jika ada pertanyaan, Anda bisa menanyakan di kolom komentar. Oke, semoga bisa bermanfaat bagi Anda.