Seiring dengan kemajuan dan modernisasi jaman, keberadaan smartphone kini tak ubahnya seperti sebuah kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Setiap tahun bahkan setiap bulan peminat dan pengguna perangkat cerdas ini terus meningkat, bahkan hampir semua orang kini telah memiliki alat komunikasi mobile tercanggih di abad ini. Terlebih kini telah banyak beredar beragam jenis smartphone, dari yang berharga ratusan rupiah hingga yang mencapai puluhan juta. Dengan demikian pengguna bisa menyesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki.

Berbicara mengenai perkembangan smartphone yang terus meningkat ini, ada hal menarik yang bisa dicermati. Secanggih apapun dan semahal apapun sebuah smartphone tidak akan pernah ada jaminan bahwa perangkat tersebut akan terbebas dari masalah. Yap semua smartphone memiliki potensi untuk bermasalah. Dan salah satu masalah yang sangat rentan terjadi adalah masalah Baterai.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Baterai Smartphone

Baterai Smartphone

Sebagai sebuah komponen vital untuk menyokong seluruh kerja smartphone, Baterai memang sangat rentan bermasalah. Masalah utama yang kerap dikeluhkan pengguna smartphone adalah menurunnya kapasitas daya penyimpanan Baterai sehingga menyebabkan Baterai mudah drop. Namun jika ditelisik lebih jauh, ternyata ada satu masalah lain terkait Baterai yang juga kerap dikeluhkan pengguna smartphone. Yakni masalah Baterai mengglembung atau sebagian orang menyebutnya dengan ‘Baterai kembung’. Ya Baterai kembung menjadi indikasi kerusakan Baterai yang paling mudah diidentifikasi karena nampak jelas oleh mata. Namun, apa sih sebenarnya penyebab Baterai kembung dan bagaimana tips mengatasinya? Yuk simak ulasan berikut!

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Kembung

# Penggunaan smartphone secara berlebihan

Layaknya manusia, sistem yang bekerja pada smartphone juga butuh istirahat. Terlalu lama menggunakan smartphone, misalnya untuk bermain game dan menjalankan aplikasi berat dapat membuat CPU dan GPU bekerja ekstra sehingga menyebabkan Baterai harus ektra pula menyuplai energi. Nah hal seperti ini dapat memicu terjadinya overheating atau peningkatan temperatur secara berlebihan yang lambat laun akan menyebabkan kerusakan Baterai, seperti Baterai kembung tersebut.

Tips : untuk membuat Baterai smartphone Anda lebih awet dan tahan lama, gunakan smartphone sewajarnya. Beri kesempatan smartphone Anda untuk beristirahat sehingga tidak akan terjadi overheating.

# Penggunaan Charger yang tidak standar

Anda sering meminjam charger teman untuk mengisi daya Baterai smartphone Anda? Hati – hati! Hal ini bisa menyebabkan Baterai Anda rusak. Penggunaan charger yang tidak sesuai, apalagi charger ‘abal – abal’ yang tidak standar memang sangat tidak disarankan untuk dilakukan. Charger yang tidak sesuai dengan smartphone Anda bisa menyebabkan aliran listrik yang masuk saat pengisian menjadi tidak lancar atau tidak stabil. Hal seperti ini jika terus terjadi secara berulang – ulang dapat menyebabkan Baterai kembung.

Tips: selalu gunakan charger bawaan smartphone Anda. Dan jika charger Anda hilang atau rusak, usahakan untuk membeli charger original di toko resmi penjualan brand smartphone Anda.

# Pengisian daya Baterai secara ‘ngawur’

Keawetan Baterai smartphone Anda akan sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara Anda menchargenya. Ada beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan dan berpotensi menyebabkan Baterai smartphone kembung terkait dengan masalah pengisian daya Baterai ini. Diantaranya mencharge smartphone semalaman atau terlalu lama, mencopot charger sebelum Baterai terisi penuh, menmaksa smartphone bekerja selama proses pengisian, serta melakukan pengisian ketika daya Baterai masih banyak. Yap beberapa hal tersebut memang tidak disarankan karena dapat memperpendek umur Baterai.

Tips: lakukan pengisian daya Baterai ketika smartphone Anda memberikan alarm ‘low batrey’ dan jangan pernah mencabut charger sebelum Baterai terisi 100%. Selain itu segera sudahi pengisian manakala Baterai telah terisi penuh. Ada baiknya pula Anda mencharge smartphone dalam keadaan mati, karena dengan sistem yang sedang tidak bekerja pengisian akan berjalan lebih baik sehingga akan membuat Baterai Anda semakin awet.