Di Chrome, sangat mudah untuk menghapus riwayat browsing. Cukup ketik chrome: //history/ di address bar browser Anda atau hanya masukkan Ctrl + H. Anda kemudian akan melihat daftar lengkap dari riwayat browsing. Cukup klik “Delete browser data” untuk menghapus mereka semua.

Bagaimana  menghapus situs web tertentu dan cookie secera selekftif dari Chrome

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Sekarang, bagaimana jika Anda hanya ingin menghapus beberapa item? Seperti, misalnya, Anda hanya ingin menghapus semua situs yang telah Anda lihat menggunakan kata kunci tertentu. Jika hal ini terjadi, maka cukup klik salah satu situs atau link yang tercantum pada history Chrome Anda dan klik “Remove selected items”. Namun, metode ini bisa sangat membosankan terutama jika Anda ingin menghapus lebih dari sepuluh atau dua puluh item.

Jika Anda ingin, Anda juga dapat menggunakan alat pencarian. Dengan demikian, Anda dapat membatasi jenis hasil yang ditampilkan pada daftar History Anda dengan hanya mengetik frase atau kata kunci tertentu. Salah satu contoh yang baik dari ini adalah ketika Anda ingin menghapus setiap kegiatan yang telah Anda buat pada situs tertentu (misal Facebook atau YouTube). Yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke chrome: //history/ kemudian ketik kata kunci di kotak pencarian. Setelah Anda selesai, tekan “Enter”. Dengan cara ini, tidak ada item lainnya akan muncul kecuali bagi mereka yang terkait dengan permintaan pencarian Anda.

Meski begitu, metode tersebut di atas masih akan meminta Anda untuk memilih secara manual dan menghapus semua item. Sederhananya, tidak ada tombol “select all” pada halaman Chrome History Anda. Jadi apa solusi yang terbaik? Nah, Anda selalu dapat menginstal ekstensi pihak ketiga seperti “Check All” untuk Chrome. Namun, dalam buku petunjuk ini, tidak ada perlu bagi Anda melakukannya.

Rupanya, ada cara yang lebih mudah bagi Anda untuk selektif menghapus riwayat browsing Chrome Anda tanpa harus klik pada masing-masing dan setiap item. Anda hanya perlu mengetikkan permintaan pencarian Anda di halaman sejarah Chrome Anda, tunggu item untuk memuat dan kemudian klik item pertama yang akan ditampilkan pada hasil pencarian.

Setelah itu, gulir ke bawah ke bagian bawah halaman, tekan dan tahan tombol SHIFT kemudian klik item terakhir dalam daftar. Anda kemudian akan melihat bahwa semua item akan secara otomatis diperiksa sehingga semua yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengklik tombol untuk “Remove selected items”.

jika Anda benar-benar ingin browsing web tanpa meninggalkan jejak pada riwayat browsing Anda, lebih baik menggunakan jendela incognito Chrome. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan browser yang aman seperti Epic Browser.

 

Semoga bermanfaat !