Seperti yang Anda lihat di akun Gmail Anda, setiap attachment atau file diwakili oleh ikon klip kertas. Rupanya, ikon lampiran adalah sama untuk setiap file terlampir tidak peduli apakah itu gambar, spreadsheet, PDF atau dokumen Word.

Replace-attachment-icons-for-Gmail-425x225

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Sekarang, bagaimana jika Anda ingin mengetahui jenis file yang dilampirkan tanpa membuka email Anda terlebih dahulu? Kalau dipikir-pikir, ini dapat membantu Anda menghemat banyak waktu dalam mengelola email Anda. Nah, dalam hal ini, semua yang perlu Anda lakukan adalah untuk menggantikan default ikon klip kertas di Gmail dengan set yang lebih baik dari ikon lampiran.

Bagaimana mengganti ikon lampiran klip kertas di Gmail

Catatan: Metode ini hanya bekerja jika Anda memuat Gmail di Chrome

– Pada web browser Chrome Anda, pergi ke Web Store kemudian download dan instal gratis add-on “Attachment Icons for Gmail “.
– Setelah menginstal add-on tersebut, pergi ke account Gmail Anda. Jika Anda belum login, kemudian login menggunakan username dan password Anda. Jika Anda sudah login, maka cukup kembali ke halaman tersebut.
– Pergi ke kotak pencarian di atas kotak masuk Gmail Anda. Klik panah kecil di sebelah tombol pencarian biru. Pada menu drop-down, centang kotak “Has attachmen ” kemudian klik tombol pencarian di bagian bawah menu. Dengan demikian, Anda dapat mengatur kotak masuk Anda untuk hanya menampilkan email-email dengan lampiran file.

Jadi itu saja. Seperti yang Anda perhatikan, bukannya muncul ikon klip kertas untuk lampiran file, inbox Gmail Anda sekarang menampilkan ikon yang menunjukkan jenis file terlampir.

Hanya perlu diingat bahwa ikon klip kertas masih akan digunakan untuk format file yang tidak didukung. Sampai sekarang, add-on yang saat ini mendukung jenis file berikut – xls, doc, docx, zip, rar, tgz, tar, pdf, tiff, jpg, bmp, gif, png, odt, ods, odp, ppt, pps , pptx, ppsx, txt, rtf, php, xml, exe, mp3, wma, wav, ogg, html, java, vcf, css, js, wmv, mpeg, avi, ics, mov, svg, Revit dan AutoCAD.