Tips & Trik »
Jul 22, 2014 – 08:29 | 758 views

Apakah Anda yakin perangkat Balckberry Anda selalu dalam keadaan sehat? Ditengah – tengah penggunaan Blackberry sebagai sebuah perangkat multi fungsi, kondisi kesehatan perangkat menjadi sebuah keharusan untuk Anda perhatikan. Terlebih bagi Anda yang selalu mengotak …

Read the full story »
Tips & Trik
Review
Komputer
Internet
Fun
Home » Review

Apa Itu HD Video?

Dipublikasikan oleh on Apr 16, 2013 – 20:09 | 10,599 views

APA ITU HD VIDEODi keseharian kita yang sering bersentuhan dengan perangkat digital dan perangkat komputasi, istilah HD video kerap kali kita temui. Misal pada film tertentu, kita menemukan keterangan “HD Video” pada file nya, pada smartphone maupun tablet, kita melihat data spesifikasi tertulis “support HD video” atau “HD included”, pada televisi plasma teknologi canggih, tertulis “performing HD Video perfectly, dll masih banyak lagi. Lalu, apa sih, sebenarnya HD video itu? Kenapa istilah HD video terdapat pada banyak alat canggih? Mari kita bahas lebih detil.

HD video, maupun video HD, yang HD nya merupakan singkatan dari high definition,  bermakna bahwa video ini beresolusi tinggi. Jadi, HD video artinya tak lain hanyalah video yang memiliki resolusi tinggi yang lebih dari kualitas video standar. Nah, term yang banyak dan sering didengar dan tertempel para perangkat-perangkat digital yang menghiasi rumah-rumah penduduk, sekolah, kampus, perkantoran, ini memang menunjukkan bahwa perangkat digital atau komputasi tersebut memiliki spesifikasi yang mendukung video berkualitas tinggi.

Tidak semua perangkat digital atau komputasi mendukung kualitas video HD, terutama perangkat digital atau komputasi yang banyak dibuat sejak sebelum tahun 2000. HD (high definition) sendiri berarti memiliki resolusi gambar 1280×720 dan 1920×1080 pixels. Dengan resolusi tinggi, maka kita akan melihat gambar atau video dengan lebih jelas detil-detilnya, proses pergerakan video yang nampak nyata, sangat tajam, dan objek teramati dengan utuh.

Apa beda standard video dengan high definition video?

Tentu saja beda. Namanya juga standar, maka kualitas videonya berresolusi standar yaitu 640×480. Dengan kualitas resolusi standar, maka pergerakan objek dalam video, kualitas gambar, dan motion yang terjadi kurang tajam, layaknya televisi berwarna jaman 20 tahun yang lalu, yaitu ketika masa-masa awal munculnya televisi berwarna.

Lalu, bagaimana dengan HD 1080p?

Apa itu HD atau Full HD 1080p? Mungkin pertanyaan ini juga muncul di benak Anda. artinya mudah, yaitu bahwa video berkualitas resolusi tinggi dengan mode resolusi 1080 pixel (horizontal) dan progressive scan yang artinya gambar atau video tidak akan mengalami interlaced. Ukuran ini memiliki aspek rasio 16:9 widescreen.

HD movie? HD player?

Sama saja, mudah dimaknai. HD movie yaitu movie dengan kualitas gambar yang top (resolusi tinggi), HD player berarti media pemutar video atau movie full HD, bukan pemutar yang menggunakan disc namun pemutar yang menggunakan kabel HD ke harddisk sebagai storage device file movie nya.

Di era per-gadget-an ini, sudah seharusnya kita semua bangsa Indonesia tidak ada lagi yang gaptek. Gaptek (gagap teknologi) bukan berarti memiliki hal-hal yang berbau IT, namun berarti tidak awam terhadap banyak hal yang berkenaan dengan IT. Dan pastinya, keberadaan perangkat komputasi yang sudah lama merangsek ke dunia pendidikan dan menjadi hiasan di rumah-rumah penduduk, meunjukkan bahwa sebagian besar penduduk Indonesia, terutama kaum muda nya, sudah tidak asing dan bahkan familiar dengan perangkat-perangkat canggih tersebut.

Tags: , , ,

Related Content with Apa Itu HD Video?

Leave a comment!

yhs-fullyhosted_003 The Game s07 direct download link www xhot in yhs-default Sik wap lenovo a3161 xhot in Sikwep The Game s07 episode