Pengguna Android sering mengalami kendala, diantaranya adalah lock pattern yang tetap tidak bisa dibuka padahal sudah benar, daya baterai yang 100% sepanjang hari, foto-foto di gallery yang hilang padahal di folder fotonya ada, dan permasalahanlainnya.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang

Ilustrasi : Aplikasi Bawaan

Hal tersebut sebenarnya wajar,karena sistem operasi pasti memiliki bug. Apalagi Android adalah sistem operasi yang open source. Karena itu, Android selalu melakukan update untuk memperbaiki error-error yang ada beberapa waktu sekali.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Terkadang ada juga applikasi bawaan sistem Android yang tiba-tiba menghilang. Hal tersebut bisa dikarenakan beberapa poin berikut ini,

1. Applikasi Android Hilang karena Data/Cache/Dalvik Cache/Temporary File.
Pada beberapa kasus tertentu, temporary file menyebabkan memori internal Android kita penuh yang bisa menyebabkan applikasi crash.Terkadang Dalvik cache malah bisa menyembunyikan aplikasi bawaan Android.

Dalvik cache adalah temporary file yang terus bertambah dan menumpuk disaat kita membuka dan menggunakan applikasi Android.

Cara mengatasi masalah ini sangat mudah, Anda cuman harus menghapus cache tersebut dengan cara masuk ke menu Setting, lalu pilih Apps, dan pilih applikasi yang hilang kemudian buka dan Clear data.

2. Aplikasi Android Hilang Karena dihapus atau terhapus.
Penyebab yang ini sudah jelas, apabila hilangnya applikasi bukan karena apa, melainkan karena siapa. Jangan sampai anda marah karena aplikasi bawaan Android anda hilang entah kenapa, padahal karena dihapus.

Cara mengembalikan aplikasi android yang dihapus adalah di inject lagi app nya ke dalam /system/app/ kemudian rubah permissions nya menjadi kolom bagian Read dicentang semua, dah write hanya kolom owner yang dicentang. Selain itu kosongkan saja.

3. Aplikasi Android hilang karena crash dengan aplikasi lain
Hilangnya aplikasi android dapat disebabkan karena crash dengan aplikasi-aplikasi lain. Biasanya aplikasi lain itu adalah serupa tetapi memiliki perbedaan di fitur. Juga biasanya adalah aplikasi-aplikasi yang menggunakan akses SuperUser.

Solusi pertama cek dulu, apakah crash nya menimbulkan hilangnya kedua aplikasi tersebut atau tidak. Kalau iya, hapus salah satu aplikasi tersebut.

Kedua, cek apakah crash itu disebabkan salah satu APK di system Android anda hilang. Jika iya, maka salah satu aplikasi yang hilang itu tertumpuk oleh aplikasi yang sekarang ada.

Rata-rata dari mereka yang mengalami masalah ini mengarah pada poin ke-2. Aplikasi Android yang sudah terhapus tidak bisa diinstall kembali karena aplikasi system bukanlah aplikasi yang ada installer nya. Cara agar aplikasi system bisa diinstall lagi adalah dengan cara meng-inject secara manual ke dalam folder /system/app/ , dan untuk cara inject bisa dilakukan dengan flashable zip yang bisa anda buat sendiri, lalu diinstall melalui recovery mode atau melalui tool berupa commander.