Sekarang di Indonesia sinyal HSDPA menjadi stAndar kecepatan internet bagi masyarakat. Terutama orang-orang muda yang gemar bermain gadget. Terkadang Anda ditertawakan karena HP Anda masih belum dapat menggunakan jaringan 3G. Yup, jaringan terkadang meningkatkan gengsi di antara kawula muda penggemar gadget.

Cara Merubah Signal Menjadi HSDPA

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Sebenarnya tips berikut hanya untuk optimalisasi saja. Efeknya kemungkinan tidak terlalu besar dan langsung terasa.Kekurangan jika melakukan ini khususnya di beberapa perangkat yang belum mendukung hsdpa atau jika Anda menggunakan cara ini di wilayah yang belum memiliki kualitas jaringan yang stabil adalah Anda akan menemukan sinyal Anda kosong dan ada tAnda silang. Untuk itu Pahamilah hal-hal penting berikut:

– HSDPA sebagian provider masih belum stabil dan belum merata. Sinyal H akan muncul di lokasi terdapat jaringan tersebut. Jika tidak,sinyal pun kosong bertAnda contreng merah dan itu sering terjadi di pinggiran kota dan daerah terpencil atau daerah yang sulit dijangkau. Kecuali jika pengaturan dirubah menjadi WCDMA Preferred. Itu akan membuat jaringan otomatis turun ke level sebelumnya jika jaringan HSDPA tidak ditemukan. Hal ini beguna bagi Anda yang sering bepergian jauh, karena tidak seluruh tempat di Indonesia inis elalu terjangkau oleh jaringan HSDPA.

– Tidak semua Android bisa dirubah jaringannya ke HSDPA. Hal ini karena spesifikasi hardware yang ditanam belum mensupport HSDPA. Contohnya Gadget keluaran Smartfren Andromax, Anda dapat mencari tutorial cara untuk mengubah internet ke GSM,namun hanya sebatas jaringan Edge saja karena hardware yang ditanamkan tidak mendukung untuk jaringan diatasnya.

Jika Anda sudah memperhatikan poin-poin diatas dan ingin merubah jaringan sinyal Android Anda ke HSDPA secara permanen dan telah memperhatikan konsekuensi tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka dialer.
2. Ketik *#*#4636#*#*
3. Pilih Phone Information
4. Set Preferred Network Type
5. Ubah ke WCDMA Only (berarti hanya dapat menerima jaringan HSDPA)
6. Pilih tombol opsi
7. Pilih menu Select Band Radio, Japan Band

Nah, itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk merubah sinyal menjadi HSDPA. Namun perlu di ingat, resiko Anda tanggung sendiri untuk hal ini.