tips memilih tabletSejak booming nya tahun 2008 yang lalu, penjualan tablet mengalami peningkatan yang sangat signifikan di Indonesia. Bulan demi bulan bermunculan seri-seri baru pada beberapa merk. Vendor-vendor yang bermain di tanah air kini begitu bervariasi.

Ada bagusnya, sih, menjadi semacam pertimbangan yang lebih luas sembari memikirkan kemajuan teknologi per-gadget-an dan kualitasnya. Samsung dan iPad sudah memiliki banyak pesaing kini. Kualitas yang diusung Samsung pada beberapa seri tabletnya dan kualitas yang dibenamkan Apple pada tiap seri iPad nya, kini ‘dibantai’ oleh vendor lain, baik dari Amerika, yaitu Acer, dan terlebih lagi dari vendor Cina, seperti Ainol.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Bisik-bisik pun kemudian terdengar, Cina bermain lebih berani ketimbang vendor populer yang telah lama ada, dalam kualitas sama dan diusung dua dedengkot yang kami sebut di atas, diusung oleh Ainol dengan harga jauh lebih murah!

Seperti misal Ainol Novo 10 Hero, yang berani membenamkan sederet spesifikasi top, seperti RAM 1GB DDR3, layar IPS resolusi tinggi multitouch, prosesor AMLogic GPU Dual Core Mali, OS Android Jelly Bean, dual kamera, support multi bahasa, ukuran mantap 10 inci, dll masih banyak fitur lengkapnya, dijual hanya dengan $219 (special price saat ini $199 di penjualan di website resminya).

Sementara itu, dengan kemampuan yang hampir sama, Anda akan menemukannya pada Samsung Galaxy Tab 2 10.1 Espresso 16GB – Silver yang dijual dengan harga diatas Rp 4 juta itu saja bukan dengan layar IPS!

Memang masing-masing produk, tidak hanya merk yang kami sebut di atas, memiliki keunggulan dan kelemahannya. Namun tentunya, pembelian gadget yang terbaik adalah tergantung kebutuhan dan anggaran. Sekalipun pastinya ada tips untuk memilih perangkat yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan tujuan yang jelas, dan dengan anggaran yang tegas.

Nah, berikut ini tips membeli tablet PC agar tidak rugi di kemudian hari:

Orientasi Kebutuhan

Seperti pemaparan di atas, semua tergantung kebutuhan. Jika Anda hanya butuh untuk membuka data di email dan browsing, tidak perlu memilih yang berfitur komplit. Jika butuh untuk hiburan berupa pemutaran video dan gaming, pilih spek yang mendukung HD tinggi dan RAM min.1GB. Dan pertimbangan-pertimbangan lain. Jangan membeli hanya ikutan-ikutan tren.

Bandingkan Spesifikasi dan Fitur

Seperti pemaparan di atas. Produk Cina tidak berarti buruk. Sebenarnya semua tergantung pola asuh tangan Anda terhadap gadget Anda. Memilih produk dari vendor diluar Apple, Samsung, dan Acer itu tidak masalah, sepanjang Anda bisa memahami, minimal sedikit, kegunaan spek (fitur) yang ada. Mulai dari display dan resolusinya, kamera, prosesor, RAM, konektivitas, GPS, dll.

OS Android Bawaan

Saat ini OS Android termutakhir adalah 4.1 Jelly Bean. Jika membeli dengan OS Android yang sebelum Jelly Bean, misal ICS, maka usahaka yang upgradable ke Jelly Bean. Ini penting untuk mendukung kinerja dan keamanan dengan OS terbaru.

Garansi

Ini adalah pertimbangan penting. Semua gadget baru original harus memiliki garansi minimal 1 tahun.